Olahraga

Komisi III DPR Sepakati Naturalisasi Tiga Calon Pemain Timnas Indonesia

Kamis, 07 Maret 2024 - 16:36 | 19.81k
Suasana Rapat Kerja DPR perihal Pemberian Kewarganegaraan kepada tiga calon pemain Timnas Indonesia di DPR RI, Jakarta, Kamis (7/3/2024).  (FOTO: Farid Abdullah/ TIMES Indonesia).
Suasana Rapat Kerja DPR perihal Pemberian Kewarganegaraan kepada tiga calon pemain Timnas Indonesia di DPR RI, Jakarta, Kamis (7/3/2024). (FOTO: Farid Abdullah/ TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisi III DPR RI menyepakati permohonan pemerintah untuk memberikan pertimbangan naturalisasi kepada tiga calon pemain Timnas Sepakbola Indonesia. Diketahui, Ragnar Oeratmangoen, Thom Jan Haye, dan Marteen Paes merupakan tiga pemain yang mendapatkan persetujuan tersebut.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Kerja DPR yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman serta melibatkan beberapa kementerian terkait di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Kamis (7/3/2024).  

"Apakah Komisi III DPR RI dapat menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia, atas nama Ragnar Antonius Maria Oeratmangoen, Thom Jan Marinus Haye, dan Marteen Vincent Paes, untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan?" ucapnya.  

"Setuju," jawab para peserta Anggota Komisi III DPR RI yang hadir.  

Dalam rapat tersebut, beberapa anggota DPR dari fraksi masing-masing memberikan persetujuan terhadap pemberian status kewarganegaraan setelah menyampaikan beragam aspirasi. Fraksi yang ikut menyetujui meliputi Partai Golkar, PKB, PDIP, hingga PAN.

Selain itu, Cahyo Rahadian, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM, menyatakan bahwa ketiga pemain asal Belanda tersebut memiliki darah atau garis keturunan Indonesia. Permohonan naturalisasi diajukan dengan tujuan meningkatkan prestasi Timnas Sepak Bola Indonesia.

"Permohonan kewarganegaraan tersebut telah melalui pemeriksaan dan penelitian oleh tim pemeriksa dan peneliti pemberian kewarganegaraan," katanya.  

Sebagai informasi, Ragnar Oratmangoen (26) adalah seorang pemain yang bermain sebagai penyerang atau winger, saat ini membela klub Fortuna Sittard (Belanda) dengan status pinjaman dari Groningen. Ia memiliki keturunan Indonesia melalui kakek yang berasal dari Maluku.  

Pemain asing kedua yang diberikan kewarganegaraan oleh Komisi III DPR RI ialah Thom Haye (28). Ia adalah seorang gelandang yang bermain untuk klub Herrenveen (Belanda), dengan latar belakang keturunan Indonesia melalui kakek dari Sulawesi dan nenek dari Solo.  

Selanjutnya, Maarten Paes (25) memiliki keturunan Indonesia melalui garis keturunan neneknya yang berasal dari Maluku. Maarten dilahirkan di Nijmagen, Belanda, pada tanggal 14 Mei 1998, dan saat ini aktif bermain untuk klub divisi pertama di liga Amerika Serikat, FC Dallas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES