Olahraga

Kualifikasi Piala Dunia 2026, Garuda Siap Menaklukkan Singa Mesopotamia

Kamis, 06 Juni 2024 - 09:41 | 15.05k
Gelandang Sandy Walsh menjadi andalan Timnas Indonesia saat menghadapi tim kuat Irak  dalam laga penting Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (6/6/2024). (foto: PSSI)
Gelandang Sandy Walsh menjadi andalan Timnas Indonesia saat menghadapi tim kuat Irak dalam laga penting Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (6/6/2024). (foto: PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTATimnas Indonesia akan menghadapi Irak dalam laga penting Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua, yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (6/6/2024) sore pukul 16.00 WIB.

Indonesia wajib memenangkan pertandingan melawan Irak untuk melangkah ke ronde ketiga, sementara Irak sudah memastikan tempat mereka.

Sepanjang tahun terakhir, Indonesia telah beberapa kali berhadapan dengan Irak, termasuk dalam Piala Asia 2024 pada bulan Januari. Menjelang pertandingan ini, harapan publik tanah air tinggi terhadap skuad yang dilatih oleh Shin Tae-yong untuk meraih kemenangan. Tim Garuda kini memiliki rasa percaya diri yang meningkat, mengingat kekuatan mereka yang terus bertambah dibandingkan pertemuan sebelumnya dengan Irak.

Indonesia memiliki misi untuk memperbaiki rekam jejak mereka melawan Irak. Dari 13 pertemuan sebelumnya, Indonesia hanya berhasil meraih dua kemenangan, tiga kali imbang, dan menelan delapan kekalahan. Pertemuan terakhir pada Januari lalu di Piala Asia 2023 berakhir dengan kekalahan 1-3 bagi Indonesia. Kemenangan terbesar Indonesia atas Irak terjadi pada Piala Kemerdekaan 2000, ketika mereka menang 3-0 di Jakarta.

Momentum untuk Melanjutkan Tren Positif

Indonesia berupaya melanjutkan tren positif di Grup F setelah meraih kemenangan atas Vietnam baik di kandang maupun tandang dengan skor 1-0 dan 3-0.

Saat ini, Indonesia berada di peringkat kedua klasemen dengan tujuh poin dari empat pertandingan, lima poin di belakang Irak yang berada di puncak. Kemenangan melawan Irak tidak hanya akan memastikan Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi, tetapi juga mengamankan tempat di Piala Asia 2027 di Arab Saudi.

Dalam konferensi pers pra-pertandingan, pelatih Shin Tae-yong meminta para pemainnya untuk bermain dengan santai dan menikmati pertandingan melawan Irak, mengingat perbedaan peringkat FIFA hanyalah angka. Indonesia berada di peringkat 134, sedangkan Irak berada diperingkat 58.

"Itu hanya angka. Pemain tidak perlu takut dan seharusnya bermain rileks dan enjoy," ucapnya.

Sementara itu, pelatih Irak, Jesus Casas, mengakui bahwa pertandingan kali ini akan berbeda karena peningkatan performa Indonesia dengan hadirnya pemain-pemain anyar yang berkompetisi di Eropa.

"Indonesia dengan skuad berbeda. Saya masih ingat mereka punya pemain dari Eropa dan mereka berkembang. Pertandingan jelas akan berbeda baik itu di Qatar atau Basra. Jika kita relaks di lapangan tentu kami akan kalah. Jadi kami akan fokus, kompetitif karena Indonesia adalah tim yang sangat bagus," ucapnya.

Prediksi Formasi dan Susunan Pemain

Pada pertandingan nanti, Shin Tae-yong diperkirakan akan kembali menggunakan formasi tiga bek yang sering diandalkan. Ernando Ari Sutaryadi akan menjadi kiper utama, didukung oleh trio bek tengah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Rizky Ridho. Gelandang akan diisi oleh Ivar Jenner dan Thom Haye, dengan Shayne Pattynama dan Asnawi Mangkualam di sayap. Di lini depan, Marselino Ferdinan dan Ragnar Oratmangoen akan mendukung Rafael Struick sebagai penyerang utama.

Di sisi lain, Irak diprediksi akan menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan Jalal Hassan sebagai penjaga gawang. Pertahanan akan diisi oleh Hussein Ali, Rebin Sulaka, Saad Natiq, dan Zaid Tahseen. Osama Rashid dan Bashar Resan akan beroperasi di lini tengah, didukung oleh Zidane Iqbal, Ibrahim Bayesh, dan Ali Jasim, sementara Aymen Hussein akan menjadi ujung tombak.

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia (3-4-3): Ernando Ari (GK); Rizky Ridho, Jordi Amat, Sandy Walsh; Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Thom Haye, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen. Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Irak (4-2-3-1): Jalal Hassan (GK); Hussein Ali, Rebin Sulaka, Saad Natiq, Zaid Tahseen; Osama Rashid, Bashar Resan; Zidane Iqbal, Ibrahim Bayesh, Ali Jasim; Aymen Hussein. Pelatih: Jesus Casas (Spanyol). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES