Otomotif

Xpander Masih Rajai Penjualan Mitsubishi di Diler A Yani

Kamis, 12 November 2020 - 07:07 | 63.81k
Pengunjung tengah melihat seri Pajero Sport di Diler Mitsubishi A Yani, Surabaya, Rabu (11/11/2020).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Pengunjung tengah melihat seri Pajero Sport di Diler Mitsubishi A Yani, Surabaya, Rabu (11/11/2020).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Diler MitsubishiPT SUN Star Motor – A. Yani Surabaya mencatat peningkatan penjualan di line-up kendaraan penumpang sepanjang pandemi ini. Mulai Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Triton dan L300. 

Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport menjadi model andalan di diler yang baru diresmikan pada Rabu (11/11/2020) tersebut, pasca soft launching empat bulan lalu. 

Advertisement

Branch Manager PT Sun Stars Motors A Yani, Abdul Ghafur, mengungkapkan, Xpander merupakan penyumbang penjualan terbesar pertama yaitu sekitar 40 persen disusul Xpander Cross sebesar 35 persen. Bahkan, saat ini Cross digadang menjadi backbone Mitsubishi mengejar kesuksesan Xpander MPV. 

"Penjualan Cross mendekati Xpander. Cross sudah mulai diterima alhamdulillah ya walaupun kompetitor sudah mulai mengeluarkan produk SUV tapi Xpander Cross tetap diminati oleh konsumen di Surabaya," terang Abdul Ghafur, Rabu (11/11/2020).

Pajero Sport A

Secara keseluruhan, capaian penjualan Xpander berhasil mendominasi segmennya dengan pangsa pasar sebesar 36,3 persen di wilayah Jawa Timur pada periode Januari - Oktober 2020. Sedangkan Pajero Sport berhasil berada di posisi atas segmennya dan meraih pangsa pasar sebesar 45% di wilayah Jawa Timur pada periode Januari – Oktober 2020.

Pada masa pandemi ini Mitsubishi A Yani hanya menargetkan sekitar 50-60 unit penjualan. Namun Ghafur berharap jika kondisi sudah mulai normal, bisa menembus angka 100 unit. 

Optimistis Diler Baru

Seolah tak terpengaruh badai pandemi, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), bekerja sama dengan SUN Star Motor meresmikan dealer Mitsubishi PT SUN Star Motor - A.Yani, Surabaya. 

SUN Star Motor A Yani merupakan diler ke-18 SUN Motor Jatim Bali  dan dealer ke-41 untuk SUN Motor Mitsubishi dan dealer ke-153 untuk seluruh MMKSI. 

Dalam kesempatan yang sama, Alfa Wijaya General Manager Operasional Sun Star Motor Jatim Bali, mengungkapkan tiga alasan mendirikan diler di Wilayah Surabaya Selatan ini. 

Pertama, ia melihat potensi market Surabaya Selatan terus tumbuh. Kedua, tidak ada dealer Mitsubishi yang ada di wilayah ini.

Pajero Sport B

"Sehingga keberanian kita mengambil peluang opportunity sekaligus untuk mendekatkan kepada customer Mitsubishi atau mungkin customer yang belum beli Mitsubishi tapi tertarik karena lebih dekat dan lebih mudah," ujarnya. 

Ketiga, imbuh Alfa, jiko kondisi sudah berjalan normal, ia berharap keberadaan diler harus memberi dampak positif bagi lingkungan sekitar. Terutama menggaet tenaga kerja khususnya di Surabaya Selatan. 

Alfa mengaku bersyukur situasi new normal sudah mulai berjalan. Artinya kepatuhan masyarakat mematuhi 3 M sudah mulai meningkat. Hal itu berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi.Terbukti penjualan di Mitsubishi A Yani terus menanjak.

"Cabang kami di A Yani yang jualnya baru 20-30 unit empat bulan lalu, kemudian bulan lalu 47 unit. Udah hampir naik 70 persen peningkatannya," tandasnya. 

Ke depan, pihaknya yakin angka penjualan akan terus merangkak naik karena diler terletak pada lokasi strategis di area lebih padat penduduk, perumahan, perkantoran, apartemen dan bisnis. 

Sementara disinggung soal keberanian membuka diler di tengah isu resesi ekonomi, Alfa menegaskan bahwa langkah tersebut menggambarkan kondisi perusahaan. 

"Nah ini tanda-tandanya perusahaan sehat atau tidak. Perusahaan sehat mau cepat berinvestasi pada saat suffer. Justru masyarakat menilai, wah itu kuat itu beli di sana. Nggak seperti yang lain malah ada demo, tutup dan sebagainya," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Abdul Ghafur menambahkan, dari awal pertama kali Mitsubishi A Yani berdiri, manajemen berharap akan menjadi ikon Sun Motors di Jatim khususnya Kota Surabaya. 

Tercata selama empat bulan dari soft opening empat sebelumnya, terjadi peningkatan penjualan yang cukup signifikan di tengah pandemi saat ini. 

"Kita optimistis dengan kondisi saat ini, ke depan pasti akan jauh lebih baik lagi," ungkap Ghafur. 

Ia juga melihat potensi ekonomi sudah mulai membaik. Khususnya Surabaya atau Jatim yang tidak terlalu terpengaruh seperti kota besar lainnya. Ghafur berharap mulai Januari 2021 mendatang, kondisi otomotif sudah mulai normal kembali. 

Sebab sepanjang Juli hingga Agustus dan September, Mitsubishi A Yani masih bisa terus eksis. Angka penjualan bahkan di luar prediksi. Memasuki Oktober, penjualan unit mencapai angka lebih baik dibandingkan dealer yang lain sesama Mitsubishi atau dengan merek lain. Artinya kehadiran dealer A Yani sudah mulai dikenal oleh masyarakat Surabaya dan Jatim. 

"Harapan kita semoga Sun Motors A Yani jadi dealer nomor satu di Jatim," jelasnya. 

Acara peresmian Mitsubishi A Yani sendiri diselenggarakan secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Fasilitas baru tersebut diresmikan oleh Naoya Nakamura selaku President Director PT MMKSI serta Imelda Sundoro selaku founder Sun Star Motor Group. 

Tidak hanya itu, PT MMKSI dan PT SUN Star Motor juga meresmikan fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat yang merupakan fasilitas pengecatan body kendaraan berstandar Mitsubishi ke-16 di Indonesia di Juanda, Sidoarjo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES