Otomotif

Banyak Mekanik Andal, Pacitan Malah Belum Punya Atlet Balap Road Race

Kamis, 02 Juni 2022 - 17:29 | 81.06k
Pacitan belum punya atlet balap Road Race. (FOTO: SRC for TIMES Indonesia)
Pacitan belum punya atlet balap Road Race. (FOTO: SRC for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Meski banyak mekanik andal dalam meracik formulasi mesin motor, ternyata Kabupaten Pacitan, Jawa Timur belum mempunyai atlet balap Road Race.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan, Turmudi mengakui jika saat ini memang belum bisa memberikan fasilitas untuk menelurkan bibit pembalap handal. 

Advertisement

"Kalau event balap Road Race di Pacitan sering mengadakan. Tapi pemainnya malah dari luar. Padahal potensinya ada kalau kita mau serius," katanya, Kamis (2/6/2022). 

Road-Race-2.jpgKepala Disparbudpora Pacitan, Turmudi (kanan) bersama Kapolres Pacitan, AKBP Wiwit Ari Wibisono (kiri). (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

Menurut Turmudi, sekolah atlet balap Road Race biayanya pun tidak sedikit. Pihaknya juga belum bisa memastikan kapan dimulainya kaderisasi pembalap profesional yang kini masih sebatas angan-angan. 

"Melihat potensi SDM memang ada. Komunitasnya belum diwadahi. Membangun tempat berlatih juga butuh biaya banyak," terangnya. 

Selain itu ia juga menyayangkan beberapa kejuaraan baik daerah maupun nasional hanya sebatas partisipasi dalam bidang mekanik peracik formula mesin. Sedangkan pemainnya malah dari luar daerah. 

"Daerah lain seperti Sragen dan Klaten, Jawa Tengah nyatanya bisa menghasilkan atlet Road Race hingga kancah nasional. Justru kita startnya kalah jauh," jelas Kepala Disparbudpora Pacitan, Turmudi. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES