Hari Terakhir di Surabaya, Mitsubishi XFC Concept Goda Konsumen Jatim

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memboyong Mitsubishi XFC Concept di Tunjungan Plaza 6 Surabaya mulai 27-29 Maret 2023.
Sebagai calon kendaraan yang akan menyasar segmen Compact SUV, Mitsubishi XFC Concept menggoda banyak pasangan mata pengunjung mall untuk merekam dan mengabadikan foto sebelum mobil ini benar-benar masuk pasar komersil.
Advertisement
Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, saat memperkenalkan Mitsubishi XFC Concept di Surabaya mengatakan bahwa mobil ini memang menyasar calon konsumen yang ingin naik kelas.
Segmen SUV compact nantinya akan mengisi ruang antara MPV dan medium SUV. Harga medium SUV yang cukup tinggi juga menjadi alasan SUV compact cukup dipertimbangkan banyak konsumen.
"Kehadiran pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang konsumen dalam membuktikan keunggulan yang ada pada produk Mitsubishi Motors," ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, saat hari terakhir pameran Mitsubishi XFC Concept di Surabaya, Rabu (29/3/2023).
Mitsubishi XFC Concept merupakan medium SUV dengan profil ground clearance tinggi dan roda berdiameter besar.
Wajah mobil menganut konsep dynamic shield seperti mobil baru Mitsubishi lainnya. Lampu utama berbentuk 'L' berada di atas daytime running light bertumpuk sehingga saat menyala akan tampil seperti huruf 'T'.
Untuk mempertegas kesan SUV, mobil ini memiliki flare fender walau mobil tak punya roof rail. Sementara pada bagian interior menawarkan panel instrumen desain horizontal, lalu ada empat mode berkendara di mobil ini, yaitu normal, wet, gravel dan mud.
Mode wet dijelaskan pertama kali ada di mobil Mitsubishi. Mode ini mampu beradaptasi dengan wilayah ASEAN yang kerap hujan dan banjir.
SUV lima penumpang itu juga dirancang menggunakan platform baru yang dikombinasi dengan basis dari mobil-mobil Mitsubishi sebelumnya.
Meski masih dalam bentuk konsep, MMKSI menegaskan akan tetap mempertahankan desain yang dimiliki hingga masuk dapur produksi.
Hal tersebut ditegaskan Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI saat pertama kali memperkenalkan Mitsubishi XFC Concept di Jakarta.
"Tentu akan kami pertahankan desain utama di konsep ini. Saya yakin akan sangat mirip dengan produksi massal," kata Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI.
Sejauh ini MMKSi memang belum memberikan informasi pasti terkait waktu produksi Mitsubishi XFC Concept.
Hanya saja versi produksi mobil ini dikabarkan akan mulai dijual di Tanah Air pada tahun depan. Di kelasnya, Mitsubishi XFC Concept akan menjadi penantang Honda HR-V dan Hyundai Creta.
Mobil compact SUV tersebut mengunjungi kota ini sebagai destinasi kelima usai tampil di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 Februari lalu. Usai keliling Pekanbaru, Medan dan Palembang.
Mobil prototype concept dengan desain silky and solid tersebut digadang bakal bersaing dengan dua brand SUV Compact pabrikan sebelah. Honda HR-V dan Wuling Creta. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada bocoran kapan mobil ini meluncur di pasar komersil.
"Namun pastinya Indonesia merupakan pasar terbesar kedua Mitsubishi di dunia. Kemungkinan kami akan mengembangkan di tempat di mana pasar terbesar dan merakitnya di sini," kata Hikaru.
Hikaru mengatakan, Mitsubishi XFC Concept dibekali sejumlah keunggulan. Antara lain smart and quality comfort dan compact and spacious interior. Dengan kata lain, SUV ini ringkas, enerjik sekaligus canggih.
Mitsubishi XFC Concept juga memiliki kemudahan dalam pengoperasian dan penyematan teknologi digital terintegrasi pada bagian head unit berukuran besar. Seperti menunjukkan navigasi, kondisi permukaan jalan maupun informasi lain yang diperlukan oleh pengemudi.
Sedangkan untuk bagian kaki, XFC Concept memiliki empat ground clearance tinggi dan empat mode berkendara yaitu normal, wet, gravel dan mud.
Wet mode sendiri merupakan mode baru besutan Mitsubishi Motors karena mempertimbangkan penggunaan kendaraan di negara ASEAN untuk mengatasi potensi banjir akibat hujan deras.
Selain itu, desain Mitsubishi XFC Concept juga menjadi daya tarik tersendiri. Gabungan desain urban yang elegan dengan ketangguhan aura SUV berpadu menjadi satu.
Sementara pada bagian eksterior membentuk satu alur berkesinambungan. Mulai dari logo tiga berlian pada bagian depan memanjang ke samping hingga belakang. Menghasilkan generasi desain baru berbeda dari model-model pendahulunya.
Hikaru menjelaskan, XFC Concept mendapatkan sambutan positif di berbagai kota karena dinilai berhasil mewakili kebutuhan serta keinginan masyarakat baik di Indonesia maupun ASEAN.
"Mitsubishi Motors telah membuktikan bagaimana desain inovatif dan nilai fungsional telah menjadi game changer dan mendulang apresiasi tinggi dari konsumen Indonesia dan juga global," ungkapnya.
Setelah Surabaya, Mitsubishi XFC Concept akan hadir di kota selanjutnya yaitu dalam ajang Mitsubishi Motors Auto Show di Semarang pada 30 Maret-2 April 2023.
Optimistis Pasar SUV Terus Tumbuh
Selain membawa Mitsubishi XFC Concept, pameran di Atrium Tunjungan Plaza 6 Surabaya ini juga menghadirkan sederet kendaraan unggulan. Mulai Pajero Sport, Xpander dan Xpander Cross.
Hikaru sangat yakin segmen SUV akan terus meningkat. Apalagi Mitsubishi juga sudah memiliki rancangan generasi baru XFC Concept.
"Pemain SUV memang sedikit namun market terus tumbuh. Indonesia merupakan pasar terbesar kedua dari seluruh penjualan Mitsubishi," terangnya.
Sementara itu, Mitsubishi Head of Sales and Dealer Management Region Jatim Dessu Herdianto mengungkapkan, penjualan SUV di wilayah ini cukup moncer.
Seri Xpander dan Xpander Cross di Jatim berkontribusi sebesar 28 persen terhadap nasional dengan angka market share 30 persen sepanjang 2022.
"Sedangkan Pajero Sport di Jatim berkontribusi 11 persen terhadap nasional dan market share 49,5 persen," ungkap Dessu.
Karena itulah, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berani memboyong Mitsubishi XFC Concept di Tunjungan Plaza 6 Surabaya mulai 27-29 Maret 2023 sebagai salah satu kota dengan kontribusi penjualan terbesar di Jatim.(*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Irfan Anshori |
Publisher | : Rizal Dani |