Otomotif

Runner Up Brand Otomotif, Daihatsu Target Penjualan 300 Unit di GIIAS Surabaya 2023

Kamis, 21 September 2023 - 21:53 | 294.19k
Daihatsu tampil membawa produk andalan dalam pameran otomotif GIIAS Surabaya 2023, Kamis (21/9/2023). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Daihatsu tampil membawa produk andalan dalam pameran otomotif GIIAS Surabaya 2023, Kamis (21/9/2023). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYADaihatsu hadir dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di Grand City Convex Surabaya mulai 20-24 September.

Dalam ajang tersebut, Daihatsu menampilkan empat unit mobil display. New Ayla Sport, Rocky 1.2 X MT, Xenia 1.3 R CVT ADS dan New Terios R AT ADS.

Division Head Astra Daihatsu Motor Rudy Ardiman dalam kesempatan press conference bersama media  mengungkapkan optimisme peningkatan brand awarenes di ajang GIIAS Surabaya.

Rudy Ardiman mengatakan, pihaknya sebenarnya tidak muluk-muluk menetapkan target penjualan dalam ajang pameran otomotif terbesar ini.

"Sebenarnya yang menjadi utama bagi Daihatsu dalam partisipasi di GIIAS Surabaya lebih kepada membentuk adanya brand awarenes kepada masyarakat," ucap Rudy. 

Daihatsu-2.jpgKepala Cabang Astra Daihatsu Waru, Doddy Priambodo saat paparan tren market otomotif dan penjualan Daihatsu di Jatim, Kamis (21/9/2023). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Namun demikian ia tak memungkiri. Upaya meningkatkan brand awarenes tersebut juga dibarengi target market.

"Target penjualan bukan tujuan utama Daihatsu dalam pameran ini. Mengacu pada histori yang sudah ada, tentunya kami memiliki catatan transaksi sebelumnya. Tahun lalu kebetulan kita membukukan transaksi yang sangat tinggi 409 unit dalam event selama lima hari GIIAS Surabaya," ujarnya.

Itu didukung pertumbuhan pasar pada tahun lalu usai recovery dari pandemi.

"Tahun ini sebenarnya kami menargetkan 300 unit transaksi di GIIAS Surabaya. Tapi kembali lagi itu bukan tujuan utama," ungkap Rudy Ardiman.

Hal itu sejalan dengan data tren market otomotif di Indonesia. Di mana mengalami penurunan 5 persen pada tahun ini jika dibandingkan 2022. 

Kendati, market share Daihatsu masih menduduki peringkat kedua secara nasional.

Kepala Cabang Astra Daihatsu Waru, Doddy Priambodo menjelaskan, tahun ini merupakan tahun penuh tantangan. Daihatsu mengalami penurunan market share 8 persen di Jatim.

Market share Daihatsu di Jatim pada 2019 tercatat 18,4 persen. Kemudian 2020 sedikit terkoreksi di angka 17,9 persen. Tahun 2021 sebesar 18,3 persen dan tahun 2022 merupakan tahun gemilang bagi Daihatsu. Karena market share naik menjadi 19,3 persen.

"Tahun 2023 sedikit menurun menjadi 18,6 persen hingga Juli 2023. Namun secara angka masih lebih baik daripada tahun 2021," terang Doddy.

Sampai akhir tahun nanti, Daihatsu optimistis bisa mengerek market share. Terpenting, Daihatsu menduduki peringkat dua sesuai target.

"Karena kalau bicara tren otomotif, September, Oktober, November dan Desember market akan anomali naik," tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, akan ada beberapa event yang akan digelar oleh Daihatsu mulai minggu ini seperti keterlibatan di GIIAS Surabaya 2023.

"Tahun ini kami mendapat support dari value chain kami, per bulan kemarin OLX sudah menjadi bagian dari Astra dan di GIIAS tahun ini OLX akan membantu kami untuk bisa mensupport penjualan," katanya.

Bicara soal market, tentu juga berkaca pada 
kontribusi penjualan. Daihatsu di Jatim memang berbeda dengan profil market  nasional.

Sigra merupakan kontributor utama penjualan Daihatsu di Jatim. Mencatat angka sebesar 31,7 persen. Kemudian GranMax Pick Up 20,7 persen, Ayla sebesar 15,8 persen.

"Bahwa memang secara tren penjualan kami yang turun memang ada sedikit terkoreksi di segmen komersil," ujar Doddy Priambodo.

Ia merinci pada tahun 2019 angka penjualan segmen komersil kendaraan pick up sejumlah 476 an unit. Tahun 2020 sebesar 270 unit, tahun 2021 sebanyak 397 unit dan 2022 sebesar 374 unit dan 2023 sebesar 310 unit.

"Tapi secara market dan ranking di segmen pick up, kami tetap menduduki peringkat nomor satu di Jatim," terangnya.

Keikutsertaan pada pameran otomotif yang berlangsung selama lima hari di Surabaya ini menjadi salah satu agenda Daihatsu untuk turut menyumbang penjualan otomotif nasional pada tahun 2023.

Dengan membawa tema Advancing Life Tomorrow mengadopsi konsep Futuristic yang tengah menjadi trend saat ini, membuat booth Daihatsu yang berlokasi di HALL F seluas 216 meter persegi. 

Kehadiran pabrikan otomotif ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi para pengunjung generasi muda serta keluarga muda yang ada di Surabaya.

Daihatsu juga menyediakan fasilitas test drive bagi para pengunjung yang tertarik dan ingin merasakan sensasi berkendara mobil Daihatsu.

Selama penyelenggaraan GIIAS 2023, Daihatsu juga menyediakan paket penjualan spesial dengan beragam kemudahan bagi pengunjung. Mulai dari diskon spesial, DP ringan, cashback trade-in dan bunga spesial, ditambah dengan fasilitas pendukung lainnya seperti games interaktif, dealing area yang nyaman, serta tim sales profesional yang semakin memudahkan pengunjung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES