Otomotif

Tips Jitu Jaga Performa Ban Motor Tetap Prima di Momen Lebaran

Senin, 08 April 2024 - 10:35 | 125.88k
Menjaga performa ban sepeda motor dengan menggantinya yang baru. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Menjaga performa ban sepeda motor dengan menggantinya yang baru. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Momen Lebaran Idul Fitri 1445 H menjadi waktu yang dinanti-nanti untuk berkumpul bersama keluarga dan beraktivitas di luar rumah. Bagi para pengguna motor, memastikan performa ban tetap prima menjadi kunci utama keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan.

Berikut beberapa tips jitu untuk menjaga performa ban motor Sobat TIMES Lover's di momen Lebaran kali ini:

1. Periksa Tekanan Ban Secara Rutin

Tekanan ban yang sesuai dengan spesifikasi motor menjadi faktor penting untuk menjaga kestabilan dan handling. Lakukan pengecekan tekanan ban minimal dua kali seminggu, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh. Gunakan alat pengukur tekanan ban yang akurat untuk memastikan nilainya sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

2. Perhatikan Kondisi Ban

Periksa kondisi ban secara visual untuk melihat adanya kerusakan, seperti benjolan, retakan, atau keausan yang tidak merata. Pastikan alur ban masih memiliki kedalaman yang cukup, minimal 1 mm. Jika ditemukan kerusakan atau keausan yang parah, segera ganti ban dengan yang baru.

3. Hindari Beban Berlebih

Membawa muatan berlebih dapat memberikan tekanan ekstra pada ban, sehingga meningkatkan risiko kerusakan. Pastikan beban yang dibawa sesuai dengan kapasitas motor dan tidak melebihi batas maksimal yang tertera pada buku panduan.

4. Perhatikan Gaya Berkendara

Gaya berkendara yang agresif, seperti sering melakukan pengereman mendadak atau akselerasi yang kasar, dapat berakibat fatal bagi ban. Hindari kebiasaan ini dan pertahankan gaya berkendara yang halus dan stabil.

5. Gunakan Ban yang Tepat

Pilihlah ban yang sesuai dengan jenis motor dan kebutuhan Anda. Pastikan ban memiliki kualitas yang baik dan berasal dari merek terpercaya.

6. Lakukan Perawatan Ban Secara Berkala

Selain tips-tips di atas, Anda juga perlu melakukan perawatan ban secara berkala di bengkel terpercaya. Perawatan ini meliputi balancing, spooring, dan rotasi ban untuk memastikan keausan ban yang merata dan performa yang optimal.

7. Siapkan Peralatan Darurat

Selalu sediakan peralatan darurat, seperti pompa ban dan tambal ban, untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran atau kerusakan ban saat di perjalanan.

8. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Nah, Sobat TIMES Lover's, jangan lupa terap patuhi aturan lalu lintas, seperti batas kecepatan dan rambu-rambu jalan, untuk menjaga keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya.

Selain itu, masih ada tips tambahan agar ban kendaraan Anda tetap awet tidak cepat aus. Seperti berikut ini: 

• Hindari memarkir motor di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama, karena dapat menyebabkan ban mudah retak.

• Gunakan pelindung ban (ban cover) saat motor tidak digunakan untuk menjaga ban dari debu dan kotoran.

• Segera bersihkan ban dari kotoran, seperti lumpur atau oli, untuk menjaga daya cengkeramannya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Sobat TIMES Lover's dapat memastikan performa ban motor tetap prima dan perjalanan Lebaran Idul Fitri 1445 H menjadi lebih aman dan nyaman. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES