Pemerintahan

Menko Perekonomian RI Dukung Industri Olahraga Semakin Mendunia

Rabu, 21 September 2022 - 10:12 | 17.52k
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia menghadiri Kejurnas Wushu 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya. (Foto: Kemenko Perekonomian for TIMES Indonesia)
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia menghadiri Kejurnas Wushu 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya. (Foto: Kemenko Perekonomian for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAMenko Perekonomian RI Airlangga Hartarto berkesempatan hadir di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 yang digelar di Graha Universitas Negeri Surabaya.

Menko Perekonomian RI yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia ini mengatakan, Kejurnas Wushu sebagai ajang uji prestasi bagi para atlet wushu junior.

“Kejurnas ini menjadi persiapan menuju kejuaraan dunia junior wushu yang akan diselenggarakan di bulan Desember di Bumi Serpong Damai Tangerang dan itu akan diikuti oleh 70 negara,” kata Menko Perekonomian RI dalam keterangannya, Rabu (21/9/2022).

Menko-Perekonomian-RI-Airlangga-Hartarto-2.jpgKetua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto menghadiri Kejurnas Wushu 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya. (Foto: Kemenko Perekonomian for TIMES Indonesia)

Ajang Kejurnas Wushu 2022 yang dihadiri Menko Perekonomian RI ini memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia tersebut berlangsung dari tanggal 18 hingga 21 September 2022 dan diikuti oleh 450 atlet dari 20 provinsi dengan mempertandingkan nomor Taolu, Sanda, dan Kungfu.

Selain Piala Presiden, Kejuaraan ini juga memperebutkan Piala Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia dan Piala Menpora. Menko Perekonomian RI berharap, event Kejurnas Wushu tersebut ini dapat menjadi tempat mengasah latihan.

"Saya minta seluruhnya untuk jaga sportivitas, jaga kesehatan, jaga protokol kesehatan. Siapapun yang akan jadi juara umum, jangan terlena dan terus berprestasi dan yang paling penting adalah konsistensi,” kata Airlangga.

Airlangga  menegaskan bahwa pemerintah terus mendukung sektor olahraga agar menjadi bagian penting dalam sistem pembangunan nasional.

Industri olahraga  tidak hanya terkait dengan industri events namun juga termasuk industri apparel atau clothing line, perlengkapan olahraga, hingga broadcasting dan commercial.

Dengan demikian, sektor olahraga juga memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu pendongkrak perekonomian dan mengembangkan sport tourism nasional.

Dalam menentukan arah kebijakan pembinaan keolahragaan nasional dalam jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan, Pemerintah telah menetapkan 12 cabang olahraga unggulan ke dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2021.

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan, wushu merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam DBON dan penetapannya dilakukan berdasarkan kajian akademisi, pakar, dan praktisi olahraga dengan melihat perkembangan prestasi wushu Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2021.

Selain itu, Menko Perekonomian RI mengatakan, wushu yang merupakan olahraga yang mengandalkan teknik, kecepatan, dan akurasi juga terus dipersiapkan untuk menghadapi event olahraga kompetitif di berbagai level termasuk kejuaraan dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES