Pemerintahan

Prosesi 'Peusijuk' Sambut Kedatangan Pj Bupati Nagan Raya Aceh

Minggu, 16 Oktober 2022 - 11:45 | 20.09k
Sekda Nagan Raya, Ardimartha (baju batik) menepung tawari Pj Bupati Fitriany Farhas (FOTO: TM/TIMES Indonesia)
Sekda Nagan Raya, Ardimartha (baju batik) menepung tawari Pj Bupati Fitriany Farhas (FOTO: TM/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NAGAN RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh sambut Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si sebagai Penjabat Bupati Nagan Raya (Pj Bupati Nagan Raya) dengan mengadakan tepung tawar atau peusijuk.

Kegiatan itu berlangsung di Pendopo Bupati, Komplek Perkatoran Suka Makmue, Nagan Raya.

Advertisement

Silaturahmi tersebut diawali dengan prosesi peusijuk kepada Pj Bupati Nagan Raya yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Ketua Majelis Permusyawarayan Ulama (MPU) dan Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Nagan Raya.

Dalam sambutannya, Sekda Nagan Raya, Ir.H. Ardimartha mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Pj Bupati Nagan Raya dan keluarga. Menurutnya, prosesi peusijuk itu sebagai isyarat bahwa Fitriany Farhas dan keluarga telah menjadi keluarga besar dari masyarakat Kabupaten Nagan Raya.

"Dengan berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, ibu telah ditunjuk menjadi pemimpin kami di Kabupaten Nagan Raya. Dengan segenap kekuatan yang kami miliki, niat yang tulus dan ikhlas, seluruh Apratur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Nagan Raya siap mendukung penuh ibu Pj Bupati dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan sehari-hari," kata Ardi, dalam keterangan diterima awak media, Minggu (16/10/2022)

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan Forkopimda Nagan Raya dan sekda beserta para Kepala SKPK atas sambutan dengan prosesi peusijuk.

Sekda-Nagan-Raya-b.jpgPj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas (FOTO: TM/TIMES Indonesia)

"Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami dan keluarga karena kami telah diterima menjadi bagian dari keluarga besar masyarakat Kabupaten Nagan Raya," kata Fitriany.

Dengan menjadi bagian dari keluarga besar masyarakat Nagan Raya, lanjutnya, berarti mulai saat ini tidak ada lagi hijab pemisah antara Pj Bupati dengan para undangan yang telah hadir pada kegiatan itu, demikian juga dengan seluruh masyarakat Kabupaten Nagan Raya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Nomor 131.11-5769 tahun 2022, menunjukkan dirinya sebagai Pj Bupati untuk mengganti pejabat lama yang sudah berakhir masa jabatannya beberapa hari yang lalu.

"Bapak Pj Gubernur Aceh telah melantik kami untuk melaksanakan tugas sebagai Pj Bupati Nagan Raya," ujar Fitriany.

Pj Gubernur Aceh memberikan beberapa tugas prioritas kepada Fitriany sebagai Pj Bupati Nagan Raya, diantaranya, selain untuk memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, juga memelihara ketertiban dan ketentraman masyarakat.

Selanjutnya, memfasilitasi pelaksanaan pemilu 2024 dan pilkada 2024 serta menjaga netralitas pegawai, melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan beberapa tugas penting lainnya yang diamanah.

"Saya akan bekerja semaksimal mungkin untuk membangun Nagan Raya, sebagai abdi negara dengan mengabdikan diri untuk masyarakat sesuai dengan tangung jawab terhadap sumpah yang telah diucapkan dalam pelantikan sebagai Pj Bupati Nagan Raya," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Fitriany mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Nagan Raya dan kerjasama kepada rekan-rekan Forkopimda, Sekda, para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala SKPK dan masyarakat.

"Selanjutnya, kepada para alim ulama dan tokoh adat yang ada di Kabupaten Nagan Raya, Ia mengharapkan bimbingan dalam menjalankan amanah agar tidak keluar dari tuntunan keislaman dan tatanan adat istiadat," imbuhnya.

Selain itu, kepada awak media, Fitriany juga meminta agar dapat memberikan masukan kepadanya tentang kenyataan apa yang ditemukan di lapangan, untuk menjadi bahan evaluasi dalam penataan pemerintahan ke depan yang lebih baik.

Di akhir pidatonya, Pj Bupati Nagan Raya itu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu membangun Nagan Raya, hilangkan perbedaan, kuatkan persatuan untuk membangun Kabupaten Nagan Raya.

Tak hanya itu, Fitriany juga meminta Kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk dapat bekerja secara maksimal dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Penjabat Bupati Nagan Raya adalah milik seluruh masyarakat sampaikan kepada kami tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat," kata Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas dalam kegiatan prosesi peusijuk di Pendopo Bupati Nagan Raya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES