Pemerintahan

Fadel Muhammad Ajak Manfaatkan  Dana Desa untuk Hal Produktif

Selasa, 01 November 2022 - 19:00 | 19.15k
Fadel Muhammad Ajak Manfaatkan  Dana Desa untuk Hal Produktif
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat Workshop Evaluasi Pengelolaan Pembangunan Desa Tahun 2022 di Kabupaten Gorontalo Utara. (FOTO: dok MPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengajak semua pihak untuk memanfaatkan dana desa untuk hal yang produktif.

Ini disampaikan dalam acara Workshop Evaluasi Pengelolaan Pembangunan Desa Tahun 2022 di Kabupaten Gorontalo Utara. di Aula Pertemuan Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (31/10/2022).

Ikut hadir pada pertemuan tersebut, Bupati Gorontalo Utara Thoriq Modanggu, S. Ag, M. Pdi, Sekda Gorontalo Utara, Suleman Lakoro SH, MH., serta Forkopimda Kabupaten Gorontalo Utara.

Fadel menekankan pentingnya pemanfaatan dana desa untuk kepentingan yang lebih produktif. Mendorong lahirnya wirausaha baru,  yang lebih banyak, agar bisa  meningkatkan penghasilan dan membuka lapangan kerja. Tidak melulu menggunakan dana desa   untuk membangun faslitilitas umum. Karena dana desa yang digunakan untuk membangun fasilitas sosial sudah sangat banyak. Apalagi  memang, kebutuhan membangun fasilitas umum, itu memerlukan anggaran yang cukup besar. Karena itu wajar jika selama ini dana desa habis untuk membangun fasilitas umum. 

"Saya kira sudah cukup, menggunakan dana desa untuk membangun fasilitas umum, atau sarana dan prasarana sosial. Paling tidak, bukan dihabiskan seluruhnya untuk membangun fasilitas umum. Kita juga perlu memanfaatkan dana desa untuk sesuatu yang lebih produktif," ungkap Fadel. 

Sektor pertanian, peternakan dan perikanan  juga patut mendapat perhatian dana desa. Para petani, peternak hingga nelayan, bisa berkelompok membentuk unit-unit wirausaha baru. Kalau perlu diadakan pelatihan untuk menstimulasi lahirnya pengusaha-pengusaha baru. 

"Ke depan akan dipertimbangkan kemungkinan melaksanakan  pelatihan bagi para calon wirausaha. Yang penting, sedini mungkin dana desa itu harus bisa bermanfaat bagi kegiatan produktif, peningkatan penghasilan masyarakat,"  kata Fadel lagi.

Beberapa daerah menurut Fadel Muhammad sudah  terbukti berhasil meningkatkan penghasilan masyarakat dan menyediakan lapangan pekerjaan baru memakai dana desa. Ada yang membuat wahana wisata, kuliner, hingga mini market. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES