Pemerintahan

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Terima Penghargaan Opini WTP ke-10

Senin, 14 November 2022 - 16:47 | 16.41k
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Terima Penghargaan Opini WTP ke-10
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menerima penghargaan Opini WTP ke-10 secara berturut-turut dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Prokopim)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Ponorogo kembali meraih predikat atau opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan ini untuk kategori Hasil Pemeriksaan Kinerja atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2021. Penghargaan Opini WTP ini adalah yang diraih 10 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Senin (14/11/2022) di Isyana Ballroom Bumi Hotel Surabaya.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko usai menerima penghargaan tersebut mengatakan, WTP merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kerja keras dan komitmen kepala daerah dalam mengelola keuangan secara transparan dan akuntabel, dan ini sebuah penghargaan yang patut disyukuri dan dipertahankan.

"Suatu laporan keuangan yang akuntabel, tepat waktu, dan prestasi, ini bukan hal yang luar biasa. Tapi ini kewajiban kita," ucapnya.

Pemkab-Ponorogo-Rokok-Ilegal.jpg

Meskipun begitu, Bupati Sugiri Sancoko tetap mengingatkan bahwa di sela-sela WTP masih ada kekurangan yang harus dikerjakan bersama-sama. Selain menerapkan pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel, tapi juga harus patuh terhadap peraturan perundang-undangan.

"Maka WTP ini tidak hanya laporan keuangan melainkan juga budaya pemerintah daerah di setiap laporan," ulasnya.

Bupati yang akrab disapa Kang Giri ini juga menyadari bahwa penghargaan WTP tersebut hasil kerja keras semua piha, keberhasilan kinerja menjaga akuntabilitas keuangan daerah tidak mungkin berhasil apabila hanya bermodal instrusional saja.

"Untuk itu saya sangat mengapresiasi seluruh perangkat daerah di Pemkab Ponorogo  yang mempunyai konsistensi dari perencanaan sampai pertanggungjawaban," jelas Kang Giri.

Ia pun berharap atas capaian tersebut kepada semua stakeholder yang mendukung dan jadi pemacu kinerja lebih baik. Predikat WTP sebagai indikator tertinggi kualitas laporan keuangan harus selalu menjadi perhatian, karena penilaian laporan keuangan semakin detail dan meningkat standarnya.

"Terlebih di tengah situasi ekonomi saat ini, akuntabilitas kinerja sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah," ujar Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko pasca menerima penghargaan Opini WTP sepuluh kali berturut-turut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES