Pemerintahan

Pemkab Sleman dan Pemkot Yogyakarta Bersatu Kendalikan Laju Inflasi

Rabu, 14 Desember 2022 - 20:12 | 25.44k
Pemkab Sleman dan Pemkot Yogyakarta menjalin kerja sama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik. (FOTO: Pemkab Sleman)
Pemkab Sleman dan Pemkot Yogyakarta menjalin kerja sama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik. (FOTO: Pemkab Sleman)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Guna mengendalikan laju inflasi daerah, Pemkab Sleman dan Pemkot Yogyakarta melakukan kerja sama. Langkah ini juga dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik layanan publik dan mengusahakan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kerja sama tersebut direalisaikan dalam penandatanganan MoU oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi di Pendopo Parasamya Pemkab Sleman, Rabu (14/12/2022).

Advertisement

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi, menjelaskan bahwa tingkat inflasi DIY pada November 2022, berada di angkat 6.54 persen year on year (y-on-y). Kerja sama ini dinilai sebagai respon atas kondisi tersebut dimana inflasi DIY masih di atas angka nasional. 

Pemkab-Sleman-dan-Pemkot-Yogyakarta-2.jpg

"Maksud dari kerja sama ini untuk bersama-sama melakukan upaya pengendalian inflasi daerah, khususnya di DIY. Upaya tersebut diantaranya menjaga kelancaran distribusi untuk memastikan stok atau pasokan komoditas yg dibutuhkan oleh masyarakat bisa tercukupi," jelasnya, usai melakukan penandatanganan MoU tersebut. 

Selain itu, Sumadi juga menyampaikan pihaknya akan terus melakukan kerja sama antar Pemerintah Daerah untuk bagaimana angka inflasi yang berakibat pada bahan pangan pokok bisa terus terkendali.

Sementara Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengungkan kerja sama dengan Pemkot Yogyakarta ini merupakan upaya bersama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik layanan publik dan mengusahakan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

"Kesepakatan bersama ini merupakan sinergi Pemkot  Yogyakarta dan Pemkab Sleman untuk terus menerus meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya. 

Kustini menyebut, kerja sama dua daerah ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian teknis dalam pelaksanaannya, khususnya yang terkait dengan pengendalian inflasi daerah, baik itu bagi Kabupaten Sleman maupun Kota Yogyakarta.

"Salah satu yang diupayakan dalam kerja sama ini yaitu pengendalian inflasi daerah. Terlebih lagi pada saat ini Kabupaten Sleman memiliki surplus beberapa komoditas pertanian yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Sleman, namun masih kekurangan untuk kebutuhan lainnya. Sehingga membuka peluang adanya barter komoditas antara Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta," jelas Kustini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES