Pemerintahan

4 Desa di Kabupaten Mojokerto Terima Bantuan Hibah SPAM Senilai 2 Miliar

Senin, 26 Desember 2022 - 17:21 | 49.61k
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati pada saat mengecek kondisi air bantuan SPAM kepada 4 Desa. (Dok. Kominfokab Mojokerto for TIMES Indonesia)
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati pada saat mengecek kondisi air bantuan SPAM kepada 4 Desa. (Dok. Kominfokab Mojokerto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan hibah barang kepada Desa pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAM). Bantuan hibah SPAM berupa barang itu untuk memberikan akses air minum dan sanitasi yang sehat bagi masyarakat di pedesaan.

Sedikitnya ada 4 desa yang menerima hibah dari pemerintah pusat di bidang air minum dan sanitasi ini. Yakni Desa Manduro Manggung Gajah Kecamatan Ngoro, Desa Randubango dan Sumbertanggul di Kecamatan Mojosari, dan terakhir Desa Mojokarang Kecamatan Dlanggu. Bantuan hibah tersebut diserahkan di lokasi masing-masing desa penerima.

Berikut rincian hibah barang yang diterima keempat desa tersebut. Pertama, Desa Manduro Manggung Gajah menerima hibah aset SPAM berupa bangunan tandon, pengadaan pompa dorong, pembangunan jaringan pipa distribusi dan sambungan rumah 265 buah, senilai Rp 707.240.640.

Kedua, Desa Randubango menerima aset sanitasi senilai Rp 344.144.800 yang berupa gedung Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), alat pemilah, dan penghancur sampah.

Ketiga, Desa Sumbertanggul menerima aset SPAM berupa pembangunan tandon, pembangunan jaringan pipa distribusi dan sambungan rumah 200 buah yang senilai Rp 548.698.400.

Dan terakhir Desa Mojokarang menerima aset Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD) berupa 55 buah penyediaan sarana prasarana (bangunan bilik, bio septic, resapan) senilai Rp 449.089.760.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga saluran air minum ini untuk kebutuhan warga setempat.

"Mudah-mudahan airnya yang sudah dibangun betul betul bermanfaat untuk anda semua. Minta tolong dipelihara dengan baik," ucapnya dalam keterangan tertulis dikutip Senin, (26/12/2022).

Penyerahan bantuan hibah SPAM oleh Bupati Ikfina ini tak berlangsung lama. Setelah menyerahkan hibah secara simbolis, Ikfina melanjutkan dengan mengecek saluran air dan sanitasi di masing-masing desa penerima. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES