Pemerintahan

Kerjasama dengan Freeport Indonesia, PDAM Gresik Akan Suplai Air ke Smelter

Jumat, 24 Februari 2023 - 21:11 | 37.96k
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas, bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Dirut Perumda Giri Tirta (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas, bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Dirut Perumda Giri Tirta (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – PT Freeport Indonesia menjalin kerjasama MoU dengan Perusahaan Umum Daerah Giri Tirta (PDAM Gresik) soal jual beli air industri yang akan dipakai di Smelter, jika resmi beroperasi pada 2024 mendatang. 

Nota kesepahaman tersebut membahas kerja sama pasokan air untuk kegiatan operasional smelter Manyar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

Advertisement

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen PTFI untuk memprioritaskan potensi daerah

"Termasuk melibatkan perusahaan umum daerah dalam memenuhi berbagai kebutuhan pembangunan dan operasional smelter Many," kata Bupati usai penandatanganan MoU, Jumat (24/2/2023).

Yani mengatakan, keberhasilan perusahaan daerah menyuplai kebutuhan di proyek ini akan berdampak terhadap pendapatan daerah melalui pemaksimalan potensi Perumda.

MoU ini, kata Gus Yani juga karena upaya perbaikan layanan di Perumda Giri Tirta yang tanggap melihat peluang. Juga sebagai bentuk saling support.

"Ini sebuah kebanggan dan kebahagiaan. Kami yakin, tahun-tahun ke depan PDAM akan bisa nyumbang PAD puluhan miliar. Ini sebuah multiplayer efek yang mana peran BUMD disini," ujar dia.

Bupati pun mengapresiasi dukungan PTFI selaku pihak swasta dalam mendorong perkembangan ekonomi Gresik melalui kemitraan.

"Ini juga sebuah upaya pemberdayaan perusahaan daerah,” jelas Bupati Gresik.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas menyampaikan, kerjasama yang terjalin ini sebagai Multi Player Efek adanya perusahaan.

Kerjasama ini, kata dia bukan hanya memberikan manfaat berupa pasokan air bagi operasi Smelter Manyar. Namun, lebih jauh akan memberikan dampak positif.

"Utamanya bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui dukungan bisnis terhadap perusahaan daerah,” ujar dia.

Dalam nota kesepahaman, Perumda Giri Tirta akan menyediakan kebutuhan pasokan air smelter . Untuk dapat mengalirkan pasokan air tersebut, Perumda Giri Tirta bekerja sama dengan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera.

"Nanti dalam membangun jaringan pipa air menuju area smelter PTFI di Manyar. Kerja sama ini membantu kami mengembangkan potensi PDAM Giri Tirta bagi pemenuhan kebutuhan air untuk Gresik,” jelas Direktur Utama Giri Tirta Kurnia Suryandi di kesempatan yang sama.

Sebelumnya, PTFI juga telah bekerja sama dengan berbagai pelaku bisnis lokal untuk memenuhi berbagai kebutuhan aktivitas konstruksi smelter Manyar, termasuk diantaranya kebutuhan konsumsi, office supply, transportasi, tenaga kerja, dan jasa konstruksi. 

Progres pembangunan Smelter Manyar hingga akhir Januari 2023 telah mencapai 54,5 persen dari rencana 52,9 persen yang ditargetkan. Atas MoU PT Freeport Indonesia tersebut, PDAM Gresik akan suplai air ke proyek Smelter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES