Pemerintahan

Pengadaan 7 Unit Mobil Dinas Ditolak, Pemkab Probolinggo Fokus Perbaikan Jalan Rusak

Selasa, 16 Mei 2023 - 19:22 | 179.86k
Mobil dinas bekas camat yang telah diberikan pada pegawai lain. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)
Mobil dinas bekas camat yang telah diberikan pada pegawai lain. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOPemkab Probolinggo, Jatim, telah memantapkan niat untuk memprioritaskan pembangunan jalan rusak. Usulan pengadaan tujuh unit mobil dinas baru dalam APBD 2024, dicoret mentah-mentah.

Hal itu disampaikan oleh Ugas Irwanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, saat dikonfirmasi Selasa (16/5/2023). Kata dia, sejatinya perbaikan jalan daerah sudah menjadi program prioritas pemerintah sejak tahun lalu.

Bahkan pada anggaran APBD 2024 mendatang, kata dia, pemerintah mulai melakukan pemetaan anggaran. Kegiatan dan program yang tidak bersifat signifikan, akan ditunda pada anggaran tahun berikutnya, atau dihapus pada tahun itu.

Salah satunya, usulan pengadaan tujuh unit mobil dinas untuk eseon II pada tahun anggaran 2024 dicoret. Meskipun kebutuhan mobil dinas itu cukup penting bagi pegawai bersangkutan untuk menunjang kinerja tugasnya.

Usulan tujuh unit mobil dinas baru itu diperuntukkan pada sejumlah kepala dinas yang saat ini tidak memiliki mobil dinas. Di antaranya Kepala Dinas Perkim, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, dan Dinas Tenaga Kerja.

"Usulan tujuh mobil dinas baru dicoret. Meski itu mendesak sifatnya tapi masih bisa disiasati," ungkap Sekda Ugas.

Ugas berencana, untuk mensiasati kebutuhan mobil dinas itu dengan mobil dinas yang ada saat ini. Kendaraan itu akan diperbaiki dan diserahkan pada pegawai Eselon II yang belum memiliki kendaraan dinas.

"Jadi mobil lama akan diperbaiki dan diserahkan ke mereka. Karena sekarang mereka pakai mobil pribadi, ada yang pakai mobil milik eselon III," jelas mantan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo itu.

Dengan demikian, anggaran APBD 2024 bisa tetap fokus pada perbaikan jalan dan program prioritas lainnya. Sehingga anggaran itu bisa melanjutkan sisa ruas jalan rusak dari tahun ini.

Tak hanya itu, masih kata Ugas, pemilihan kontraktor dalam lelang proyek pengerjaan jalan, tak mau sembrono. Pihaknya benar-benar memilih kontraktor yang mau bekerja dengan baik. Agar hasil pekerjaannya bagus sesuai harapan bersama.

"Kami sudah menargetkan dan memasang spesifikasi jalan dengan kualitas tinggi. Agar umur jalan nanti bisa bertahan 8 tahun lebih. Kami akan mencari kontraktor yang benar-benar baik dengan riwayat kerja bagus," tegasnya.

Sekedar informasi, Pemkab Probolinggo telah membeli armada baru untuk 24 Camat melalui APBD Perubahan 2022. Setiap unitnya ditaksir senilai Rp 350 juta. Mobdin baru itu merek Toyota Rush.

Kendaraan baru itu menggantikan mobil dinas para camat yang telah berusia tua berupa Panther Ls Turbo. Kendaraan mobil pelat merah itu sudah digunakan para Camat lebih dari 10 tahun.

Selanjutnya, giliran pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo yang turut mengendarai mobil baru sebanyak lima unit berupa Honda HR-V. Mobil dinas baru itu telah terbeli pada akhir tahun 2022 lalu. Saat ini proses pengiriman mobil dinas milik Forkopimda berupa Innova Zenix. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES