Pemerintahan

Penutupan AARC 2023, Menteri PUPR RI: Tingkatkan Kualitas dan Keberlanjutan Infrastruktur Jalan

Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:00 | 64.96k
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat resmi menutup rangkaian acara AARC 2023 di Labuan Bajo pada Sabtu, (26/8/2023).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat resmi menutup rangkaian acara AARC 2023 di Labuan Bajo pada Sabtu, (26/8/2023).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, LABUAN BAJO – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono didampingi Presiden World Road Association (PIARC) Nazir Ali dan perwakilan Road Engineering Association of Asia and Australasia (REAAA) Muhammad Marizwan Abdul Manan secara resmi menutup rangkaian acara Asia Australasia Road Conference 2023 (AARC 2023) di Labuan Bajo pada Sabtu, (26/8/2023).

Menteri PUPR RI menyampaikan terima kasih kepada semua peserta yang telah bergabung dan berpartisipasi aktif dalam AARC 2023, serta mengucapkan selamat atas ulang tahun ke-50 REAAA.

Advertisement

"Saya percaya bahwa konferensi ini akan memberi kita wawasan dan pertukaran pengalaman tentang teknologi maju untuk meningkatkan efisiensi dalam pembangunan infrastruktur jalan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan infrastruktur jalan yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan bagi semua orang," kata Menteri PUPR RI. 

Menteri Basuki meyakini bahwa keberhasilan pelaksanaan AARC 2023 ini juga tidak terlepas dari kerja sama yang kuat antara Kementerian PUPR, REAAA, PIARC, dan Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI). 

"Kerja sama yang produktif ini menunjukkan komitmen kita terhadap kemajuan transportasi dan infrastruktur jalan. Semoga kerja sama yang terjalin dalam konferensi ini terus menginspirasi kita dalam upaya perubahan yang positif," ujar Menteri PUPR RI. 

AARC 2023 yang diselenggarakan pada 24-27 Agustus 2023 di Labuan Bajo dihadiri oleh 1.052 orang peserta lokal dan 138 peserta internasional yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari sektor pemerintah, swasta, investor, kontraktor, konsultan desain dan teknis, akademisi, pelaku industri, hingga profesional. 

PUPR-AARC-2023-2.jpg

Dengan mengusung tema "Advance Technology Implementation Towards Sustainable Road Development", kegiatan ini bertujuan sebagai sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman para pakar dan praktisi lokal dan internasional dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur jalan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi maju.  

Agenda AARC 2023 meliputi seminar dan konferensi berskala internasional, keynote session, technical session, eksibisi nasional dan internasional, kunjungan lapangan, serta kunjungan kultural. Ada 7 topik yang dibahas, yaitu New and Innovative Pavement Design & Maintenance / Road Pavement Recycling; Road Safety; Resilience and Disaster Management for Road and Climate Change; Geotechnic, Bridge, and Tunnel; Transport and Highway Planning, Geometric of Road, and Accessibility; Transport Administration and Strategic Improvisation of Project Management; dan Asset Management and Digital Technology in Road Network.

Turut hadir Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI sekaligus Ketua HPJI Hedy Rahadian, dan Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, dan Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES