Pemerintahan

100 PNS Kabupaten Banjarnegara Ikuti Uji Kompetensi

Selasa, 17 Oktober 2023 - 12:40 | 32.03k
Pelaksanaan Uji kompetensi terhadap 100 PNS Banjarnegara. (Foto: Humas Pemkab Banjarnegara)
Pelaksanaan Uji kompetensi terhadap 100 PNS Banjarnegara. (Foto: Humas Pemkab Banjarnegara)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Badan Kekepagawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah  melaksanakan uji kompetensi kepada 100 pegawai negeri sipil (PNS) jabatan pelaksana di Pemkab Banjarnegara, Selasa (17/10/2023). 

Uji kompetensi yang difasilitasi BKD di Aula Gedung B Politeknik Banjarnegara diawali dengan menginventarisir data PNS dari setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Kepala BKD, Esti Widodo, SSTP MSi menjelaskan, syarat yang harus dipenuhi untuk peserta uji kompetensi kali ini adalah kualifikasi pendidikan minimal D3 dan Golongan Ruang Minimal III/a. 

Adapun peserta diambil dari PNS yang berasal dari Dinas/Badan/Kantor, Inspektorat, Sekretariat Dewan, RSUD, dan Sekolah-sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. 

"Sebelumnya BKD juga telah melaksanakan ujikom bagi PNS Jabatan Pengawas dan Fungsional. Ke depan semua PNS memang wajib mengikuti uji kompetensi dan BKD akan menjadwalkan secara bertahap," jelas Esti Widodo.

Sementara, Kepala Bidang Mutasi dan Kepangkatan BKD, Dadar Susiladi, SI.Pem menyampaikan, tujuan uji kompetensi, untuk menilai kompetensi PNS dalam jabatan pelaksana dengan cara membandingkan kompetensi yang dimiliki tiap PNS dengan standar kompetensi jabatan yang dipersyaratkan. 

"Selain itu juga untuk memetakan potensi masing-masing PNS yang nantinya sebagai salah satu syarat pengembangan karier," ujarnya.

Adapun kompetensi yang dinilai menurutnya meliputi aspek kognitif/intelektual, kepribadian, sikap kerja, manajerial maupun kepemimpinan. 

Pelaksanaan uji kompetensi ini dilaksanakan hingga esok hari, dengan agenda hari kedua yakni uji kompetensi melalui wawancara dengan psikolog yang dihadirkan oleh pihak ketiga dari PITMA, Pilar Teknotama Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES