Pemkot Malang Resmi Luncurkan Logo HUT ke-110 Kota Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Pemkot Malang resmi meluncurkan logo untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Malang ke-110. Peluncuran logo ini dilakukan langsung oleh Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat di Lantai 2 Gedung Malang Creative Center (MCC), Rabu (6/3/2024).
Logo tersebut muncul usai diseleksi melalui sayembara yang diadakan oleh Dinas komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang. Logo buatan Moch. Aan Mahfudzi ini mempresentasikan 'Berselaras untuk Kota Malang Berkelas'.
Advertisement
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengatakan, setiap karya peserta yang mengikuti lomba desain logo yang dihasilkan mencerminkan cinta dan dedikasi yang mendalam terhadap Kota Malang.
"Dalam setiap garis dan warna yang ditorehkan terpancar keinginan untuk melihat Kota Malang terus maju dan berkembang menjadi tempat yang lebih baik bagi setiap warganya. Tema yang diangkat menjadi cerminan dari semangat kolaborasi dan harmoni yang didambakan untuk Kota Malang," ujar Wahyu, Rabu (6/3/2024).
Wahyu mengungkapkan, berselaras mengandung makna bahwa dalam membangun Kota Malang diperlukan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak baik pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha.
Semangat keselarasan ini terwujud dalam peningkatan peran serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan Pemkot Malang dalam gerakan Kemis Mbois yang membantu UMKM naik kelas dan selanjutnya mendunia. Sedangkan Kota Malang Berkelas, mengandung makna cita-cita untuk menjadikan Kota Malang sebagai kota yang maju, modern dan berdaya saing tinggi.
"Dengan kata lain, ini adalah panggilan kepada kita semua. Tidak hanya sebagai individu, tetapi juga sebagai komunitas untuk bersatu dan bekerja sama demi mewujudkan visi Kota Malang yang lebih baik lagi. Sehingga, logo HUT ke-110 Kota Malang yang diluncurkan pada hari ini merupakan visualisasi dari tema tersebut," jelasnya.
Menurutnya, logo HUT ke-110 Kota Malang yang diluncurkan pada hari ini merupakan visualisasi dari tema yang diangkat. Harapannya, juga dapat menjadi simbol pemersatu dan penyemangat bagi seluruh elemen masyarakat Kota Malang untuk bersama-sama membangun kota yang dicintai.
"Semangat yang sama dengan tema yang kita angkat. Harapan saya tentu logo ini menjadi simbol semangat dan persatuan bagi seluruh masyarakat Kota Malang," ungkapnya.
Sementara, Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto menyampaikan, HUT Kota Malang ke-110 nanti menjadi momentum semangat bersama seluruh stakeholder dalam pembangunan dan kemajuan Kota Malang.
Perancangan Logo HUT ke-110 Kota Malang ini juga melalui tiga fase proses, yakni dari seleksi karya dan portofolio, lokakarya serta tahapan presentasi karya.
"Dari 138 pendaftar, terkurasi sebanyak 110 peserta hingga terpilih lima finalis dan keluar satu orang pemenang. Inisiatif sayembara desain logo ini tak lepas dari strategi untuk semakin menguatkan image Kota Malang sebagai Kota Kreatif di Indonesia," tegasnya.
Ia menjelaskan, para pelaku kreatif dilibatkan penuh, termasuk konsep lomba sayembara. Konsep ini dirumuskan secara kolaboratif bersama Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang yang juga turut andil berperan sebagai tim juri lomba, sehingga menjaga kualitas proses sayembara, dengan harapan hasil logo juga dapat dikenang sebagai proses keikutsertaan pembangunan.
"Kerja sama Pemkot Malang dan ADGI Chapter Malang ini merupakan kolaborasi tahun ketiga dan semoga dapat terus dikuatkan," pungkasnya.(*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Imadudin Muhammad |
Publisher | : Sholihin Nur |