Pemerintahan

Liburan Lebaran, Pemkab Pacitan Target Dulang Cuan dari Sektor Wisata Rp400 Juta

Kamis, 11 April 2024 - 11:31 | 34.95k
Pantai Klayar yang digadang-gadang saat cuti lebaran (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Pantai Klayar yang digadang-gadang saat cuti lebaran (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Libur Idul Fitri 1445 Hijriyah tinggal menunggu hari. Pemkab Pacitan mematok target pendapatan daerah dari sektor pariwisata Rp400 juta setiap hari. 

Menyiapkan hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora Pacitan), Turmudi mengungkapkan, beberapa kali rapat telah dilakukan bersama lintas sektoral guna menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan . 

“Jadi, sudah tiga kali kita berkumpul dengan lintas instansi untuk mengantisipasi kemacetan, gangguan keamanan, kenyamanan, kebersihan di lingkungan destinasi nanti saat libur hari raya,” katanya, Sabtu (6/4/2024). 

Masing-masing kesiapan destinasi, Turmudi memastikan sudah dikoordinasikan dengan pihak keamanan Polsek setempat. Ini untuk memetakan alternatif jalur wisatawan jika terjadi penyiaran jumlah kendaraan. 

"Antisipasi membludaknya jumlah pengunjung, ada pengalihan jalur jika diperlukan dari Satlantas Polres Pacitan sudah siaga," tambahya. 

Turmudi menyebut, sarana dan prasarana di sejumlah destinasi cukup memadai. Seperti parkiran di Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo yang mampu menampung 1000 kendaraan besar maupun kecil. 

"Bisa jadi nanti semua kendaraan pengunjung diparkirkan di wilayah sana. Kalau mau ke Watukarung, bisa menggunakan angkutan kecil itu," ujarnya. 

Di sisi lain, Turmudi mengakui jika kendaraan besar seperti bus saat ini belum bisa masuk ke kawasan Pantai Watukarung melalui Dadapan. 

“Karena kami belum bisa menyediakan layanan parkir yang luas, sehingga bila bus 10 aja masuk, kami akan kebingungan,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Turmudi mengatakan, sebagai alternatif, di Desa Dadapan juga disediakan shuttle untuk mengangkut wisatawan ke arah Watukarung dan Srau.

Kalau andalan masih di Pantai Klayar, selain parkiran luas, kuliner juga banyak, destinasinya indah, katanya. 

Saat ini, Pemkab Pacitan memiliki PR terkait keberadaan rest area yang tepat di mana. Tapi kalau MCK, mushola, sudah kita benahi, termasuk Pancer Door, tambahnya. 

Target pendapatan PAD dari 9 destinasi wisata kali ini akan dimaksimalkan sebanyak mungkin selama 5 hari libur Idul Fitri. 

"Tanggal 11 sore prediksinya sudah ada pengunjung yang datang, puncaknya Jumat-Sabtu, semoga bisa mencapai Rp4 miliar," pungkas Turmudi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES