Pemerintahan

Pj Bupati Banjarnegara Minta Satlinmas Jadi Partner Pemerintah Tangani Kamtibmas

Rabu, 15 Mei 2024 - 21:38 | 12.17k
Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH saat membuka Jambore Satlinmas tahun 2024. (Foto: Kominfo for TIMES Indonesia)
Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH saat membuka Jambore Satlinmas tahun 2024. (Foto: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARAPj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH meminta Satlinmas menjadi partner pemerintah dalam penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Hal tersebut disampaikan Tri Harso pada pembukaan Jambore Satlinmas tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2024 di Komplek Bendungan Panglima Sudirman Banjarnegara Rabu (15/5/2024)

Untuk diketahui kegiatan Jambore Satlinmas dihelat oleh Satuan Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat dan Masyarakat (Satpol PP, Linmas dan Damkar) Banjarnegara.

Pada kesempatan Jambore Satlinmas tersebut juga dilaksanakan pengukuhan anggota Satlinmas dan launching aplikasi Silintang

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH menyampaikan Jambore Satlinmas digelar sebagai ajang untuk menimba pengetahuan, saling berlomba untuk mengadu kemampuan serta menjadi ajang silaturahim dan meningkatkan keterampilan para anggota Satlinmas di Banjarnegara. 

Jambore Satlinmas lanjut Pj Bupati Banjarnegara penting digelar karena untuk mengukur kesiapan dan kekompakan anggota Satlinmas menghadapi dinamika apapun yang berkembang di masyarakat Banjarnegara dan sekitar.

“Dalam jambore Satlinmas ini ada pelajaran teori dan ada ajang lomba dan adu kemampuan, jadi manfaatkan momentum ini untuk meningkatkan kemampuan saudara dalam melaksanakan tugas ditengah dinamika yang terus berkembang di masyarakat,” jelasnya.

Tri Harso menambahkan Satlinmas mempunyai tugas membantu penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di tingkat Desa atau Kelurahan. 

Pj Bupati Banjarnegara berharap Jambore Satlinmas Tahun 2024 menjadi sarana bagi para peserta untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat terwujud “Satlinmas Profesional” sesuai dengan tema pelaksanaan Jambore Satlinmas tahun ini. 

Sesuai dengan tema harus professional, Ia berharap  kedepan Linmas bisa menjalin kekompakan, persahabatan dan persaudaraan serta kolaborasi bersama dalam menjalankan tugas.

Ada beberapa hal yang harus linmas lakukan sesuai dengan tupoksinya, yang pertama yaitu  membantu aparat kemananan  dalam mencegah ancaman dan gangguan kamtibmas yang harus dilawan dengan deteksi dini dan lapor cepat kepada instansi terkait.

“Harapannya dengan deteksi dini dan lapor cepat ini bisa segera diambil kebijakan yang sesuai dengan keadaan dan kondisi wilayah,” katanya.

Kemudian terkait dengan pesta demokrasi yang sudah dilaksanakan baik Pileg maupun Pilpres pada Februari 2024 lalu, kedepan Linmas juga harus segera mempersiapkan diri dengan agenda politik lainnya yaitu Pilkada serentak pada bulan November mendatang.

“Ini menjadi tujuan bagi kita semua untuk mempersiapkan mental dan fisik serta referensi sehingga linmas bisa menjadi salah satu garda terdepan dalam pesta demokrasi tersebut,” lanjutnya.

Kasatpol PP Banjarnegara Fajar Nidaul Syarifah menambahkan berdasarkan data yang ada, saat ini di Kabupaten Banjarnegara tercatat ada  7.648 anggota Satlinmas  yang tersebar di semua desa di seluruh kecamatan.

“Satlinmas ini merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat, untuk menyelesaikan permasalahan warga bersama Kepala Desa setempat,” jelasnya

Terkait dengan aplikasi Silintang yang di launching pada Jambore satlinmas tersebut, Fajar mengatakan bahwa aplikasi silintang merupakan aplikasi yang baru dikembangkan di satpol PP yang tujuannya untuk mendapatkan data yang paling akurat yang langsung dilakukan oleh anggota satlinmas.

“Jadi mereka akan mengupload data sendiri, kemudian data tersebut akan masuk  kemudian di Approve atau terima,  kemudian outputnya adalah kepemilikan KTA bagi satlinmas itu. Selain itu di aplikasi silintang tersebut juga berisi Informsai yang berguna bagi anggota Satlinmas,” katanya.

Simbolis dilakukan bagi seluruh peserta Jambore Satlilnmas dan secara massif akan dilakukan di masing-masing desa dan kelurahan se Kabupaten Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES