Pemerintahan

Alumni UB Prof Erani Yustika Terpilih Jadi Anggota Pansel KPK RI

Jumat, 31 Mei 2024 - 22:41 | 24.01k
Prof Erani Yustika saat berada di UB beberapa waktu lalu. (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Prof Erani Yustika saat berada di UB beberapa waktu lalu. (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Alumni Universitas Brawijaya, Prof. Ahmad Erani Yustika terpilih sebagai salah satu anggota panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan dan dewan pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan (KPK RI).

Pria yang kini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Wakil Presiden RI itu terpilih bersama dengan 9 orang lainya yang berasal dari berbagai bidang.

Seperti yang diketahui, Presiden RI Joko Widodo telah menentukan 9 nama yang menjadi Pansel calon pimpinan dan Dewas KPK RI. Terdiri atas Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh sebagai Ketua Pansel, Rektor IPB Arief Satria sebagai Wakil Ketua, dengan 7 anggota, yakni; Ivan Yustiavandana, Nawal Nely, ⁠Ahmad Erani Yustika, Ambeg Paramarta, ⁠Elwi Danil, ⁠Rezki Sri Wibowo, dan Taufik Rachman.

Tugas Pansel ini yakni menentukan nama calon pimpinan dan Dewas KPK RI sebanyak dua kali jumlah pimpinan dan Dewas KPK RI untuk disampaikan kepada Presiden RI Jokowi.

Prof Erani Yustika sendiri diketahui juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) UB periode 2019 -2023. Dia lahir pada 22 Maret 1973 di Ponorogo, Jawa Timur.

Pria yang sempat menjadi Staff Khusus Presiden ini meraih gelar Sarjana dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UB pada 1996). Kemudian dia melanjutkan studi S-2 dan S-3 nya di George August University Goettingen, Jerman.

Pria yang identik menggunakan kacamata itu sejak dulu memang punya karir yang cemerlang. Prof Erani Yustika sempat Ketua Program Studi Magister Ilmu Ekonomi  Pascasarjana FEB-UB (2007-2009), Direktur Eksekutif The Economic Reform Institute (ECORIST, 2005-2008), dan Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF, 2008-2015).

Selain itu masih banyak jabatan strategis yang pernah Erani Yustika duduki. Yang paling banyak diingat oleh masyarakat, dia juga pernah pernah menjadi  salah satu moderator dalam acara debat Calon Presiden Republik Indonesia pada 2014. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES