Pemerintahan

Bupati Ponorogo: Pancasila adalah Pedoman Bertindak

Sabtu, 01 Juni 2024 - 09:45 | 17.32k
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. (Foto;Marhaban/TIMES Indonesia)
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. (Foto;Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Peringatan tersebut mengingatkan betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara. Demikian disampaikan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, usai memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024).

"Hari Lahir Pancasila merupakan momentum yang penting untuk membangkitkan kesadaran bahwa membangun bangsa adalah tanggung jawab setiap elemen bangsa,” kata Sugiri Sancoko.

Menurutnya, momen peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan menerapkan nilai-nilai ideologi Pancasila dalam kehidupan masyarakat.

"Momentum Hari Lahir Pancasila perlu dimanfaatkan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, menjaga kebersamaan, menghargai perbedaan dan memperkuat rasa persahabatan, setiap individu harus memiliki jiwa yang kokoh untuk mempersatukan bangsa, bukan jiwa yang justru mencoba menggerogoti bangsa,” kata dia 

Toleransi, persatuan, dan gotong royong adalah kunci untuk membangun bangsa yang kokoh dan menciptakan dunia yang damai dan sejahtera.

"Oleh karena itu, kita semua harus bersatu untuk melawan ekstremisme, politisasi agama dan identitas, dan segala bentuk provokasi,” kata orang nomor satu di Pemkab Ponorogo ini.

Sugiri Sancoko berharap generasi muda akan lebih memahami dan mencintai Pancasila sebagai dasar negara.

“Pancasila sebagai ideologi negara bukan hanya topik diskusi akademis, tetapi menjadi pedoman untuk bertindak dan perilaku setiap orang,” kata dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES