Pemerintahan

Masuk Lima Belas Besar ADLG Award 2024, Begini Kata Sekda Kota Kediri

Selasa, 04 Juni 2024 - 13:40 | 10.47k
Sekda Kota Kediri dan Apip Permana saat rapat bersama jajaran Pemkot Kediri (Foto: Diskominfo Kota Kediri)
Sekda Kota Kediri dan Apip Permana saat rapat bersama jajaran Pemkot Kediri (Foto: Diskominfo Kota Kediri)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Ajang penghargaan bergengsi tingkat Nasional, ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Award 2024 kembali digelar oleh Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memberikan penghargaan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) se-Indonesia. 

Dalam ajang yang diikuti oleh lebih kurang 150 Sekda tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia itu, Kota Kediri berhasil masuk dalam lima besar kategori Sekda Kota se-Indonesia.

Hadirnya ADLG Award 2024 merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja kepemimpinan dalam kerangka digitalisasi pemerintahan melalui pelaksanaan regulasi SPBE, Satu Data Indonesia (SDI), Smart Province, dan Smart City. Penghargaan ini diberikan kepada Sekda atas perannya sebagai koordinator SPBE.

Bagus Alit, Sekda Kota Kediri, memberikan gagasan bahwa digitalisasi merupakan suatu keniscayaan yang artinya dalam masa mendatang akan membantu ASN di Kota Kediri dalam memberikan pelayanan secara efisien apabila sistem di dalamnya terdigitalisasi. “Kenapa itu menjadi suatu keniscayaan, karena ke depan kalau itu sudah bisa jalan maka segala proses yang ada di pemerintahan ini akan menjadi lebih efisien, lebih bisa melayani masyarakat,” Jelasnya, Senin (3/6/2024).

Terkait dengan ajang yang diselenggarakan oleh ASKOMPSI tersebut, setelah suksesnya Pemkot Kediri yang masuk pada lima belas besar finalis ADLG Award 2024, dirinya menyampaikan siap mengikuti tahap berikutnya yakni verifikasi lapangan oleh tim pusat. Dalam verifikasi lapangan tersebut, tim pusata kan menentukan sembilan finalis yang berhak masuk pada tahap selanjutnya. “Tentu saja sebelum mengikuti verifikasi lapangan kita akan mempersiapkan segala sesuatunya secara maksimal,” ujarnya.

Ia menegaskan, bahwa ajang ini bertujuan bukan sekadar mengikuti kompetisi nasional, akan tetapi yang terpenting ialah bisa memberikan semangat ASN Pemkot Kediri untuk mempercepat proses digitalisasi di lingkungan Pemkot Kediri. “Sehingga kalau itu berjalan dengan baik tentu saja proses pelayanan yang ada di Pemerintah Kota Kediri lebih efisien dan lebih cepat, sehingga masyarakat lebih terlayani,” jelas Bagus.

Terkait dengan kebijakan digitalisasi di Pemkot Kediri, Bagus mengemukakan salah satu gebrakan yang dibuatnya ialah dengan menambah jumlah tenaga IT Dinas Kominfo Kota Kediri sebanyak 55 orang. Menurutnya, hal itu merupakan darah segar untuk menggerakkan proses digitalisasi di Pemkot Kediri, selain itu juga dirinya mencanangkan akan menyiapkan beberapa penganggaran terkait pengadaaan sarana dan prasana guna mendorong digitalisasi di Kota Kediri. “Di samping itu ada juga terkait dengan beberapa kebijakan dalam bentuk SK, Peraturan Walikota, dan Surat Edaran untuk mendorong proses digitalisasi di pemerintah daerah. Itu beberapa hal yang dilakukan terkait dengan kebijakan,” sebutnya.

Bagus berharap dengan lolosnya Kota Kediri dalam lima belas besar finalis ADLG Awards 2024 bisa memacu ASN Pemkot Kediri untuk mempercepat proses digitalisasi di Kota Kediri. Hal tersebut semata-mata untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Lebih terpacu, lebih semangat, kita berlomba-lomba untuk peningkatan digitalisasi. Nanti muaranya tetap ke pelayanan masyarakat,” tutupnya.

Dalam kesempatan berbeda, Apip Permana, Kepala Diskominfo Kota Kediri selaku tim teknis menjelaskan peran Diskominfo dalam mendukung digitalisasi ialah dengan menjalankan tugas pokok dan fungsi terkait digitalisasi. Tak lupa, Diskominfo Kota Kediri terus menjalin sinergitas dengan Sekda Kota Kediri dalam upaya percepatan digitalisasi layanan yang ada di Pemkot Kediri. “Diskominfo merupakan tim teknis tentunya semuanya berdasarkan kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan pimpinan dalam hal ini ialah Sekda,” jelasnya.

Mengingat pentingnya digitalisasi di masa mendatang, Apip berharap OPD di lingkungan Pemkot Kediri semakin prima dalam melayani masyarakat, serta terjalinnya koordinasi lintas OPD agar pelayanan yang diberikan lebih efisien dan efektif dari sisi waktu, biaya, tenaga melalui langkah-langkah digitalisasi, "pungkasnya. (ADV)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES