Pemerintahan

Potensi Pangan Melimpah, Kabupaten Malang Siap Dukung Program Makan Gratis

Kamis, 27 Juni 2024 - 13:56 | 11.24k
Bupati Malang, HM Sanusi, di Pendopo Panji Kabupaten Malang. (Foto Amin/TIMES Indonesia)
Bupati Malang, HM Sanusi, di Pendopo Panji Kabupaten Malang. (Foto Amin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Bupati Malang HM Sanusi, menyatakan kesiapan Kabupaten Malang mendukung rencana program dapur sehat untuk makan gratis pemerintah. 

Kesiapan untuk program makan gratis ini seperti dapur sehat. Juga, penyediaan bahan baku pangan untuk konsumsi program makan gratis tersebut. 

"Iya, ini sedang terus disiapkan (untuk mendukung program makan gratis). Dapur umumnya kita siapkan, kemarin tim dari Kementerian Pertahanan juga sudah komunikasi intens, membicarakan pola pengiriman dan bagaimana kemasan untuk susunya seperti apa," terang Bupati Sanusi, dalam kesempatan acara, Kamis (27/6/2024). 

Informasinya, Kabupaten Malang direncanakan menjadi daerah untuk launching pilot proyek program pemerintah ini. 

Dipilihnya Kabupaten Malang dalam mewujudkan rencana program makan gratis pemerintah ini, diakuinya karena punya potensi pangan yang besar bahkan suprlus, yang bisa memenuhi kebutuhan bahan baku. 

Ikan.jpgIlustrasi ikan tangkapan nelayan Sendang Biru, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. (Foto Amin/TIMES Indonesia) 

Bupati Sanusi mengatakan, produksi sektor pangan di Kabupaten Malang sangat cukup, baik untuk beras, susu maupun hasil perikanan. 

"Produksi susu kita punya 500 ribu liter per hari, 200 ton ikan per hari, terus 580 ribu ton beras per musim panen," terangnya. 

Sanusi juga berharap ada dampak kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat dari program makan gratis tersebut, melalui kebutuhan anggaran Rp10 triliun setahun nantinya. 

"Jelas, akan ada perputaran ekonomi yang bagus nanti, jika berjalan sesuai jaminan (rencana) pemerintah Rp 10 triliun untuk program makan gratis. Terlebih, untuk pelajar yang nge-kos, maka kebutuhan biaya makannya tercukupi, sehingga bisa digunakan untuk kegiatan (usaha) yang lain," demikian Bupati Malang. 

Seperti diketahui, rencana salah satu dapur sehat untuk program makan gratis seperti sudah disiapkan di lahan yang berada di sebelah utara Kantor Kodim 0818/Malang-Batu, di Jalan Panji Kepanjen, Kabupaten Malang. 

Hingga saat ini, pengerjaan pembangunan fisik untuk rencana dapur sehat ini terus dikebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES