Pemerintahan

Pemprov Jatim Raih Dua Penghargaan Bergengsi Top Inovasi Pelayanan Publik 2024 

Selasa, 08 Oktober 2024 - 20:03 | 17.55k
Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.
Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) berhasil meraih dua penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik pada acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024.

Acara ini diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Selasa (8/10/2024).

Advertisement

Kedua penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Pan RB  Abdullah Azwar Anas kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono yang diwakili Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono

Dua penghargaan yang diraih Jatim, masing-masing kategori Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2024 dan Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Kategori Kelompok Keberlanjutan tahun 2024 melalui inovasi Klinik Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemprov Jatim. 

Pemprov-Jatim.jpgPemprov Jatim berhasil meraih dua penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Selasa (8/10/2024).

Adhy mengatakan, bahwa capaian ini adalah hasil yang dibangun pada pelayanan publik di Jawa Timur, dan ini juga menjadi bukti bahwa Jawa Timur adalah sebuah provinsi terbaik dalam melakukan inovasi untuk proses pelayanan publik. 

“Ini memberikan semangat bagi Pemprov Jatim, dua kategori ini sangat bergengsi untuk tingkat provinsi, jadi kalau pembina inovasi terbaik artinya Provinsi Jawa Timur masih dipandang sebagai Provinsi yang berinovasi terbaik di Indonesia,” tuturnya di Surabaya, Selasa (8/10/2024) sore.

“Begitu juga dengan Inovasi yang berkelanjutan, artinya bahwa inovasi yang dilaksanakan itu tidak selesai setelah dapat penghargaan, tapi tetap dilanjutkan karena memberikan manfaat luar biasa untuk masyarakat,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, Adhy menyampaikan, bahwa Pemprov Jatim akan terus mendorong inovasi-inovasi baru untuk diciptakan, sehingga mampu berdampak positif terhadap keberlangsungan pelayanan di Jatim, khususnya bagi pelayanan publik.

“Kita akan tetap berupaya melalui Biro Organisasi untuk mengawal bagaimana perangkat-perangkat daerah itu meng-create inovasi-inovasi baru. Ide serta gagasan itu akan diuji oleh biro organisasi,” ujarnya.

“Sehingga nanti yang muncul betul-betul ide yang baru dan bermanfaat untuk masyarakat, yang paling penting adalah dampaknya positif terhadap masyarakat,” tambah Adhy.

Terkait Klinik BUMDesa, Kata Pj Gubernur Adhy, Klinik BUMDesa didesain sebagai pendekatan paripurna dalam rangka pembinaan BUMDesa di Jatim dengan instrumen  pendampingan, pelatihan, pembelajaran dan saran kepada BUMDesa agar menjadi aktif dan berkembang, serta mendatangkan keuntungan yang berujung pada berputarnya roda perekonomian suatu desa, yang dapat berkontribusi pada PAD desa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Inovasi ini, lanjutnya, bertujuan untuk membangun kemandirian BUMDesa yang berkelanjutan, mengembangkan BUMDesa melalui kerja sama dan jejaring pemasaran, memberikan tutorial secara online, memetakan potensi dan jenis usaha meningkatkan kapasitas dan kewirausahaan, dan menumbuhkan ekonomi UMKM.

“Klinik BUMDesa hadir sebagai pusat konsultasi, pelatihan dan pengembangan, baik secara online maupun offline, sebagai bagian upaya pemberdayaan masyarakat desa di Jawa Timur,” urainya. 

Selain itu juga, Pj Gubernur Adhy mengatakan Inovasi Klinik BUMDesa dilakukan dengan berbagai langkah, dimulai dengan pemetaan potensi usaha BUMDesa secara online.

Selanjutnya, tutorial online dan offline bagi pengelola dengan materi pembelajaran sesuai kebutuhan. Selanjutnya memfasilitasi kerja sama dengan pihak ketiga, evaluasi BUMDesa terbaik sebagai bentuk apresiasi keberhasilan pengelolaan.

“Klinik BUMDesa membangun database dari kerja sama pentahelix semua pihak, serta menciptakan kemandirian permodalan kuat dan SDM unggul dengan pelayanan paripurna,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES