Pendidikan

UIN Maliki Malang Bahas Islamic University Berbasis Al-Quran di Syiar Ramadan Hari Keenam Belas

Rabu, 28 April 2021 - 12:36 | 43.46k
Syiar ramadan UIN Maliki Malang di hari keenam belas ramadan. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Syiar ramadan UIN Maliki Malang di hari keenam belas ramadan. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) bahas Upaya Membangun Islamic University Berbasis Bahasa Al-Quran di syiar ramadan hari keenam belas Ramadan. Diskusi kali ini menghadirkan, narsumber Dr. H. Sutaman, MA; Dr. H. R. Taufiqur Rochman, MA; Dr. Nasrulloh, M.TH.I; dan Dr. Halimi Zuhdi, M.Pd, M.Pd. Sebagai moderator adalah Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Tema kali ini sangat penting karena sangat objektif bagi pengembangan UIN Maliki Malang yakni bahasa Al-Quran sebagai basis pengembangannya. Dan diskusi kali ini sangat menarik karena semuanya harus dibangun berbasis Al-Quran," ujar Prof. Abdul Haris, Rektor UIN Maliki Malang.

syiar ramadan b

Dr. H. Sutaman menyampaikan, Al-Quran diturunkan Allah bukan hanya sebagai pedoman tapi juga sebagai pengembangan manusia dalam pengembangan pendidikan. Bahasa Quran menjadi basic pengembangan Al-Quran karena terdapat keindahan di bidang lafadz dan maknanya. Dalam pengembangan pendidikan tidak bisa dilihat dari dzohirnya saja tapi juga harus dilihat dari impactnya.

Maka perlu dilanjutkan ke basic berikutnya yaitu basic makna batin dan ma'rifat. Pendidikan islam harus mampu mengantarkan mahasiswanya menjadi paripurna baik dari luar maupun dalam diri. Mahasiswa harus diantarkan sampai bisa berbuat sesuai dengan kaidah dan memiliki karakter yang unggul. Sehingga dalam pengembangan perguruan tinggi harus sejalan dengan ilmu dunia dan agama.

"Dengan bahasa Al-Quran akan bisa mencerdaskan dan mencetak akhlak yang baik. Ketika UIN Maliki Malang dikembangan dengan bahasa Al-Quran, maka kampus akan dapat dikembangkan menjadi lebih kuat dan solid," ujar Dr. H. R. Taufiqur Rochman.

Dr. Nasrulloh kemudian menyampaikan, orang yang sering membaca Al-Quran dapat menambah kecerdasan 80 persen dan itu bersumber dari penelitian apalagi apabila Al-Quran di hafalkan. Dan ia meninjau bahwa setiap mahasiswa Indonesia yang berprestasi ternyata hafal Al-Quran.

Terdapat tiga keistimewaan dari tema Membangun Islamic University Berbasis Bahasa Al-Quran yaitu yang pertama, Bahasa Al-Quran menuju WCU, karena bagaimana mungkin kampus internasional dan berbasis islam tanpa bisa bahasa Al-Quran. Yang kedua, orang kalau ahli Bahasa Al-Quran, akan bisa pintar karena Bahasa di Al-Quran sangat istimewa. Yang ketiga, kalimat di Al-Quran sangat detail. Dan Nasrulloh meyakini, orang dengan keahlian Al-Quran dipastikan bahasanya berstandart internasional.

syiar ramadan c

"Al-Quran meletakkan bahasanya selalu detail dan tepat. Semua kata-katanya sesuai dengan realita. Al-Quran juga sebagai petunjuk dan bisa mengubah keadaan," ujar Dr. Halimi Zuhdi.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Syiar ramadan UIN Maliki Malang ini di tayangkan setiap hari di bulan ramadan pada pukul 16.00 WIB di youtube channel UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES