Pendidikan

Keren, Mahasiswa STKIP NU Indramayu Juara 1 Duta Baca Kabupaten Indramayu Tahun 2022

Selasa, 30 Agustus 2022 - 22:00 | 26.67k
Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama (STKIP NU) Indramayu, Vika Oktaviani meraih Juara 1 Duta Baca Kabupaten Indramayu Tahun 2022. (FOTO: dok Vika Oktaviani)
Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama (STKIP NU) Indramayu, Vika Oktaviani meraih Juara 1 Duta Baca Kabupaten Indramayu Tahun 2022. (FOTO: dok Vika Oktaviani)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Prestasi membanggakan diraih mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama atau STKIP NU Indramayu, Vika Oktaviani. Mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) itu meraih juara 1 Duta Baca Kabupaten Indramayu Tahun 2022.

"Alhamdulillah bersyukur sekali, memang menjadi resolusi saya di tahun 2022 dan Alhamdulillah tercapai. Menjadi bagian dari kegiatan literasi saja sudah senang apalagi ini menjadi juara Duta Baca," ujar Vika, kepada TIMES Indonesia, usai Grand Final di Hotel Wiwi Perkasa Indramayu, Selasa (30/8/2022).

Advertisement

Duta Baca merupakan kegiatan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu. Tujuannya untuk meningkatkan literasi khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Vika mengatakan, menjadi duta baca adalah harapan dirinya sejak lama. Terlebih mahasiswa kelahiran 7 Oktober 2003 itu memiliki minat yang kuat di bidang literasi. 

Dirinya pun telah mendirikan komunitas literasi "Muda Mudi Melek Literasi" untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Kegiatan komunitas tersebut salah satunya perpustakaan keliling, untuk menyediakan buku bacaan kepada anak-anak di beberapa sekolah.

"Karena tingkat minat baca anak-anak kita masih minim dan kendalanya salah satunya ketersediaan buku yang terbatas," ujar perempuan asal Desa Karangasem Kecamatan Terisi, Indramayu.

Selain hobi membaca, Vika juga telah menerbitkan dua buku yakni novel berjudul Selembut Bisikan Rindu dan buku anak berjudul Pertolongan Putri Candy.

"Saya memang suka membaca dan passion saya memang di literasi dan sejalan juga dengan  program studi," ujar putri dari Suliarti dan Nur Aji Bakhtiar tersebut.

Dengan menjadi Duta Baca Kabupaten Indramayu, Vika bertekad akan menjalankan program peningkatan literasi masyarakat. Terutama kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Yang pasti banyak keinginan dan program yang mau saya jalankan untuk memajukan dunia literasi kita. Saya juga ingin memperluas kegiatan Gerbang Maca dan kegiatan lain untuk meningkatkan minat baca," ujar guru SD Islam Terpadu (SD IT) Nusantara, Desa Lungsemut, Kecamatan Terisi tersebut.

Sementara itu, Ketua STKIP NU Indramayu, Tobroni mengaku senang dan bangga atas prestasi yang diraih salah satu mahasiswanya. Ia mengapresiasi pencapaian Vika Oktaviani yang turut mengharumkan nama almamaternya.

"Ini menjadi contoh atau teladan untuk mahasiswa yang lain untuk bisa berprestasi, dan saya berharap Vika Noviani tidak cepat puas dan meningkatkan prestasi ke tingkat berikutnya," ujar Tobroni.

Semangat STKIP NU Indramayu terhadap minat baca juga terus digalakkan kepada mahasiswa dan dosen pengajar. Ia juga berencana akan memoles perpustakaan kampus menjadi lebih artistik sehingga nyaman dan menarik untuk dikunjungi. 

Hal ini juga diakuinya, terlihat di berbagai negara maju yang memperhatikan perpustakaan dengan menjadikannya sebagai bangunan artistik. Sehingga menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan membaca buku koleksi perpustakaan.

"Saya selalu mendorong mahasiswa dan dosen untuk terus meningkatkan minat membaca karena itu kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membuka wawasan. Jadi prestasi ini kami sangat syukuri dan menjadi trigger untuk terus meningkatkan literasi," ujar Tobroni, Ketua STKIP NU Indramayu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES