Pendidikan

Isi Kuliah Umum di Unuja Probolinggo, Pimpinan MPR RI Bahas Empat Pilar Hingga Generasi Emas

Sabtu, 03 September 2022 - 20:53 | 29.39k
Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani saat mengisi kuliah umum di Unuja Probolinggo, Jatim (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani saat mengisi kuliah umum di Unuja Probolinggo, Jatim (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR RI, Ahmad Muzani mengisi kuliah umum di kampus Universitas Nurul Jadid atau Unuja Probolinggo, Sabtu (3/9/2022) siang. Di forum itu, Muzani membahas empat pilar kebangsaan hingga Indonesia emas 2045.

Menurutnya, pondok pesantren merupakan pihak yang tepat untuk menguatkan empat pilar kebangsaan. Termasuk Ponpes Nurul Jadid. Empat pilar kebangsaan itu meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggalika.

Advertisement

“Empat pilar kebangsaan ini jika jatuh di tangan yang tepat, akan mampu membawa Indonesia maju. Sehingga sosialisasi empat pilar ini di Ponpes merupakan langkah tepat karena santri adalah orang yang berilmu dan berakhlak,” katanya.

Pria yang juga Sekjen DPP Partai Gerindra itu menyatakan, empat pilar kebangsaan tersebut harus diimplementasikan menyeluruh. “Empat pilar jika berkurang satu bukan Indonesia, apalagi jika berkurang dua dan seterusnya,” sebutnya.

Di hadapan ratusan civitas akademika Unuja Probolinggo, pimpinan pesantren dan tokoh masyarakat, Muzani juga menyampaikan posisi Indonesia sebagai presidensi Group of Twenty atau G-20.

Yaitu forum kerjasama internasional yang beranggotakan 19 negara dengan perekonomian besar di dunia.

Dengan posisi tersebut, Indonesia sebagai negara dengan pasar perekonomian terbesar di Asia Tenggara memiliki peran strategis dalam perkembangan ekonomi dunia.

“Sehingga Indonesia perlu menyiapkan masyarakatnya dengan keterampilan dan keilmuan yang kompetitif,” terang Muzani.

Pria yang pernah menjadi wartawan dan penyiar radio ini juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo untuk terus mendorong anak muda agar kebih kreatif. Terutama dalam teknologi digital  untuk menyambut Indonesia emas 2045.

Di forum yang sama, Rektor Unuja Probolinggo, KH Abdul Hamid Wahid menyampaikan terimakasih kepada Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani yang memberikan penguatan empat pilar kebangsaan kepada warga pesantren dan Unuja Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES