Pendidikan

Ada 94 Desainer Muda di Gebyar Puncak Grandshow UM 2022

Minggu, 23 Oktober 2022 - 01:23 | 19.76k
Pengumuman pemenang dan pemberian tropi kategori terbaik oleh Dewan Juri Grandshow UM 2022 di Graha Cakrawala, Sabtu, (22/10/2022). (Foto: Tiffani Jirzah/TIMES Indonesia)
Pengumuman pemenang dan pemberian tropi kategori terbaik oleh Dewan Juri Grandshow UM 2022 di Graha Cakrawala, Sabtu, (22/10/2022). (Foto: Tiffani Jirzah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Malam puncak Grandshow UM 2022 digelar di area Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu (22/10/2022).

Perhelatan pagelaran busana akbar ini juga sebagai Penilaian Akhir Mahasiswa Fakultas Teknik Industri Tata Busana UM yang sudah dilakukan sejak 2010. Selain unsur entertainment, gelaran ini juga sarat unsur education.

Advertisement

Grandshow yang didukung 94 desainer muda itu dipenuhi oleh sekitar 3000 penonton yang setia mengikuti hingga akhir. Kegiatan ini digawangi sejumlah dewan juri. Mereka adalah Agus Sunandar, S. Pd, M. Sn; Dra. Endang Prahastuti, Nurul Hidayati, S. Pd, M. Sn; Dra Hapsari Kusumawardani, dan Rizky Yulianingrum Pradani S. Pd, M. Pd.

Sejumlah tokoh publik Kota Malang juga tampak hadir. Ada Wali Kota Malang Sutiaji dan Kepala Dinas Pariwisata Restiawan Baihaqi.

Ketua Pelaksana Grandshow UM 2022, Celina Ridha Afandi mengatakan kali ini ada 188 busana ready to wear dari 94 desainer muda yang menampilkan tren Forecasting 2023/2024.

"Kegiatan ini terlaksana dengan lancar. Berjalannya Grandshow tak lepas dari bantuan dari media. Semoga grandshow menjadi awal karier bagi teman-teman semua, enjoy the show," katanya Sabtu (22/10/2022).

Grandshow-UM-2022-a.jpg94 desainer muda yang telah memamerkan karya mereka di malam puncak Grandshow UM 2022 di Graha Cakrawala, Sabtu, (22/10/2022).(Foto: Tiffani Jirzah/TIMES Indonesia)

Wakil Dekan III Fakultas Teknik Industri Tata Busana UM Dr. Tri Kuncoro berharap grandshow ini membawa keberkahan dan kesuksesan buat mahasiswanya.

"Malam ini, grandshow mengambil tema Dominate. Tahun lalu memang ada, tapi tidak semeriah ini dan spektakuler seperti ini. Prodi tata busana siap memasuki industri dan dunia usaha", ucapnya.

Dalam tema besar Dominate itu, 94 desainer muda itu dikelompokkan dalam empat pecahan tema: The Survivors; The Soul Searchers; The Saviors; dan The Self Improvers. Setiap pecahan tersebut menampilkan makna yang berbeda yaitu semangat, kehidupan, tidak mudah menyerah, dan logis.

Desainer mewujudkan inspirasi dan karya mereka dalam bentuk bermacam. Ada yang bernuansa suasana pantai, kandang ayam, sampai pengekspresian pikiran. Secara keseluruhan, setiap desain desainer-desainer muda itu membawa pesan kebebasan emosional, kualitas serta keteladanan.

Seluruh busana yang ada diperagakan oleh 38 model profesional dengan arahan music Joe Enderson. Sementara koreografi yang ditampilkan adalah karya dari Agoeng Soedir Poetra.

Secara umum, pagelaran busana Grandshow UM 2022 berjalan tanpa kendala. Kegiatan ini diawali pertunjukkan tarian tradisional serta kontemporer dari Tricia Dancer. Setelah pembukaan acara dan sambutan, ada penandatangan MoU Grandshow UM dengan Juragan 99, PT Rembaka, dan LKP Ayu Bisono. Tiga perusahaan tersebut akan jadi pendukung gelaran grandshow UM ke depannya. Usai penandatanganan MoU, diakhiri dengan sesi foto bersama.

Gelaran Grandshow UM 2022, diakhiri dengan pembacaan pemenang terbaik. Kategori terbaik Best of Portofolio demenagkan Celina Ridha; Best of Sewing, Rofimia Nur; Best Ready to Wear, Silvana Putri; Best Exibition, kelompok Inventive; dan Best of the Best diraih Tasya Nur.

Penampilan special Momo (ex. Geisha) dengan formasi band yang baru, menutup rangkaian acara perhelatan akbar ini.

Grandshow UM 2022 kali ini didukung beberapa pihak. Mereka adalah LT Pro, Seblak Mamang Ndhut, Breaker Kreatif, Belajar Fashion, Transmart MX Mall, Allobank, Arta Loui, Semen Indonesia Group, Mandja Hijab, Indo Pratama, Seven Chicken, Ayam Lebeng, Al Hikmah Digital Printing, Mojo Trans, Fox Project Group, Klepon Cleopatra, Reddoorz, Alibaba, Eva Yunik, Times Indonesia, Elfara FM, Kalimaya Bhaskara, Tarara Radio UM, Himafo, Jtv, Konser Malang, HMD PLS, HMD Elektro HMJ, HMD TI, HMD PJKR, HMD TI, dan juga Humas Universitas Negeri Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES