Pendidikan

Pernak-pernik Hari Guru di Gresik, Siswa Tulis Surat hingga Kumpulkan Donasi

Jumat, 25 November 2022 - 18:46 | 18.94k
Pernak-pernik Hari Guru di Gresik, Siswa Tulis Surat hingga Kumpulkan Donasi
Siswa SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik saat menunjukkan surat ke guru (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Peringatan hari guru nasional di Kabupaten Gresik diperingati dengan kegiatan beragam, mulai menulis surat ke guru hingga mengumpulkan donasi.

Di SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik, siswa dipandu wali murid atau para orang tua. Sebanyak 689 siswa serentak menulis 1.378 surat untuk guru mereka.

Ketua Ikwam SD Muhammadiyah 2 GKB, Amilatun Nadhifa mengungkapkan, di momen hari guru dia mengajak siswa untuk memberikan surprise (Kejutan).

"Kami mengordinir siswa untuk membuat surat cinta ke guru dan memberikan bantuan alat tulis untuk baksos," katanya, Jumat (25/11/2022).

Setelah surat diserahkan, tambah Amilatun siswa dan orang tua ini mengumpulkan donasi alat tulis serta sembako untuk bakti sosial ke sejumlah sekolah.

Siswa-SD-Muhammadiyah-2-GKB-Gresik-a.jpgSiswa SMP IT Al-Ibrah saat memberikan surpris ke guru dengan membentangkan poster (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

Sebanyak 112 paket alat tulis itu rencannya akan dibagikan ke siswa MI Muhammadiyah Keramat, Duduksampeyan dan MI Muhammadiyah Cangaan Ujungpangkah dan siswa yatim-piatu Berlian School.

"Kami juga serentak seluruh siswa dibantu wali siswa membuat poster yang bertuliskan selamat hari guru," jelasnya.

Terpisah, Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik, Fauzuddin Ahmad menambahkan, di momen ini dia berharap ara guru terus berinovasi.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepad para guru yang selama ini telah sabar dan ikhlas memberikan ilmu kepada siswa.

"Kami ucapkan terima kasih ke ustad ustadzah atas dedikasi tinggi, juga kepada siswa serta para wali murid," ucapnya.

Sementara itu, di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al Ibrah, siswa juga tulis surat cinta kepada para guru dalam rangka memperingati hari guru.

Sebanyak 350 surat cinta ditulis dan digantung di halaman sekolah sebagai simbol pengharapan dan doa bagi para guru, sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. 

Terlihat, mereka bersama sama menulis surat cinta kepada guru dihalaman sekolah, sesuai dengan kreativitas para siswa. 

350 surat cinta tersebut berisi harapan, doa, serta bentuk sanjungan bagi para pahlawan tanda jasa, yang mengajarkan mereka banyak hal di sekolah. 

Usai menulis surat bersama sama, ratusan surat cinta ini kemudian digantung di halaman sekolah.

Beberapa surat kemudian dibacakan di halaman sekolah secara bergiliran, selain itu para siswa juga bersama sama memberikan bunga pada para guru sebagai bentuk rasa sayang dan terima kasih. 

Kurnia Baitara Zahira, siswa kelas 9 SMPIT Al Ibrah Gresik mengatakan, selain dilombakan surat cinta kepada guru ini merupakan ungkapan terima kasih kepada guru karena telah mengajarkan banyak hal di sekolah.

“Jadi hari ini ada banyak lomba di hari guru, mulai dari menulis surat untuk guru, menulis puisi, sampai mempresentasikannya, serta juga ada paduan suara dihari guru,” kata Kurnia.

Gadis yang akrab disapa Rara ini mengatakan bahwa, terkait surat cinta kepada guru yang ditulisnya dihari guru merupakan bentuk rasa cinta terhadap guru yang telah mendidiknya

“kita menghargai kerja keras para guru dan kami berharap, para murid bisa lebih menghargai jasa jasa para guru," ungkapnya.

Sementara itu, Mulyono, Kepala Sekolah SMPIT Al Ibrah Gresik mengatakan bahwa, ada sebanyak 350 surat cinta yang ditulis oleh para siswa kepada gurunya dan semuanya dilombakan. 

“Selain bagi murid, para pengajar juga membuat surat cinta yang ditujukan kepada para siswanya sebagai bentuk rasa cinta di hari guru," tambahnya dalam peringatan hari guru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES