Pendidikan

Saat 30 Lansia di Banjarnegara Menjalani Wisuda

Selasa, 20 Desember 2022 - 20:23 | 53.65k
Prosesi wisuda 30 lansia Sekolah Lansia Istiqomah Prajuritan diwisuda di Aula Kantor Kelurahan Kutabanjarnegara. (FOTO: Kominfo Banjarnegara For TIMES Indonesia)
Prosesi wisuda 30 lansia Sekolah Lansia Istiqomah Prajuritan diwisuda di Aula Kantor Kelurahan Kutabanjarnegara. (FOTO: Kominfo Banjarnegara For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Sebanyak 30 orang lanjut usia (lansia) yang telah selesai mengenyam pembelajaran di Sekolah Lansia Istiqomah Prajuritan di wisuda di Aula Kantor Kelurahan Kutabanjarnegara, Selasa (20/12/2022).

Kepala Sekolah Lansia Istiqomah, Sri Trisnainingsih menyampaikan wisuda angkatan pertama sejak sekolah dibentuk pada bulan Juli 2022 dengan peserta didik yang diwisuda sebanyak 30 orang lansia, dengan usia tertua adalah 87 tahun.

Advertisement

Dia menjelaskan, selama pembelajaran di sekolah para lansia diajarkan tidak hanya teori saja, tetapi juga praktek serta pelatihan yang mendukung para lansia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Kami harap setelah selesai mengikuti pembelajaran di Sekolah Lansia Istiqomah, mereka bisa menerapkan ilmu yang didapat sebagi bekal untuk menjadi lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif," terangnya.

Kantor-Kelurahan-Kutabanjarnegara-2.jpg

Ketua Bina Keluarga Lansia (BKL) Istiqomah Kampung Prajuritan, Rubina Islami Kartini mengatakan Sekolah Lansia dibentuk untuk memberikan edukasi, informasi, pelatihan tentang kesehatan, keagamaan, sosial serta budaya yang dikemas dalam bentuk pemebelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup lansia.

"Tujuannya adalah agar para lansia bisa hidup bahagia sejahtera," ujarnya

Pada kesempatan ini dia mengucapkan terima kasih pada para donatur dan semua pihak yang telah mendukung dan membantu Sekolah Lansia Istiqomah hingga bisa berjalan dengan baik hingga bisa mewisuda 30 peserta didik.

Ia juga berharap Pemkab Banjarnegara untuk membantu fasilitasi terkait tempat belajar serta sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran dan menegembangkan Sekolah Lansia Istiqomah agar semakin baik ke depannya.

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Banjarnegara, Lucia Utariningsih sangat mendukung keberadaan Sekolah Lansia Istiqomah ini karena memiliki peran dalam pembangunan manusia di Kabupaten Banjarnegara.

Lansia sangat rentan karena berkurangnya kemampuan fisiknya sehingga sering dianggap sebagai orang yang lemah di tengah masyarakat. Akan tetapi melalui Sekolah Lansia Istiqomah ini anggapan tersebut tidak benar. Lansia tetap mampu beraktivitas dan produktif serta berguna bagi keluarga dan lingkungan di sekitarnya.

Kantor-Kelurahan-Kutabanjarnegara-3.jpg

"Adanya sekolah lansia ini tentunya juga dapat mengangkat martabat para lansia," ungkapnya

Sementara itu Kepala Dispermades PPKB Banjarnegara, Hendro Cahyono menilai spirit Sekolah Lansia Istiqomah perlu dikembangkan dan ditularkan di tempat lain.

"Sekolah ini menjadi pioner atau teladan dalam memberdayakan para lansia. Harapan kami, hal seperti ini juga bisa diwujudkan di kecamatan-kecamatan lain," katanya di Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES