Pendidikan

Tiga Dosen Unisa Yogyakarta Berhasil Kembangkan Kursi Oksitosin

Senin, 09 Januari 2023 - 20:13 | 34.94k
Tampak peraga seorang ibu saat menyusui anak menggunakan KORSIMU karya dosen Unisa Yogyakarta. (Foto: Unisa Yogyakarta)
Tampak peraga seorang ibu saat menyusui anak menggunakan KORSIMU karya dosen Unisa Yogyakarta. (Foto: Unisa Yogyakarta)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Tiga dosen Universitas Aisyiyah atau Unisa Yogyakarta  berhasil kembangkan salah satu inovasi baru bernama Kursi Oksitosin Ibu Menyusui (KORSIMU). Mereka adalah Dr Mufdlilah S Pd S Si T M Sc, Dian Retnaningdiah S,lE M Si dan Veni Fatmawati SS T Ft M Fis.

Penciptaan kursi ini dilakukan oleh dosen Unisa Yogyakarta mengingat perkembangan teknologi semakin pesat, maka tak heran jika banyak muncul teknologi modern untuk membantu khususnya di bidang Kesehatan.

Advertisement

Ketua tim Dr Mufdlilah mengatakan, kursi yang ada selama ini untuk ibu menyusui tidak ergonomis dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan sehingga keadaaan ini dapat mengganggu proses produksi ASI. Akibatnya, seorang ibu mudah lelah, nyeri pada bagian leher, punggung dan pinggang. Oleh karena itu, perlu memperhatikan ergonomis dalam merancang kursi untuk ibu menyusui. 

“Rancangan dasar kursi yang ergonomis harus memperhatikan sudut pandang anatomi, fisiologi, dan biologis yang didasarkan pada antropometri,” tutur ketua tim dokter dari Unisa Yogyakarta, Mufdlilah, Senin (9/1/2023). 

Dosen-Unisa-Yogyakarta-2.jpg

Mufdlilah menambahkan, bahwa negara Indonesia memiliki beberapa kursi yang serupa seperti KORSIMU, yaitu kursi pijat dan kursi menyusui biasa. Manfaat dari kursi pijat hanya sebagai kursi relaksasi sedangkan kursi menyusui biasa hanya sebagai kursi untuk ibu menyusui, sehingga inovasi ini dapat membantu ibu dalam menyusui bayinya bukan hanya sekadar duduk untuk menyusui melainkan mendapatkan fasilitas pijatan oksitosin.

Manfaat Pijatan Oksitosin pada Ibu Menyusui

1. Memberikan kenyamanan pada ibu
Mengurangi bengkak pada payudara (engorgement)
2. Mengurangi sumbatan Air Susu Ibu (ASI)
3. Merangsang pelepasan hormon oksitosin
4. Mempertahankan produksi ASI ketika ibu dan bayi sakit

Keunggulan Kursi Oksitosin Karya Dosen Unisa Yogyakarta

1.Terdapat efek pijatan elektro yang berada di daerah sandaran kursi
2. Dilengkapi mp3 untuk membantu rileksasi 
3. Desain kursi yang efesien
Ergonomis
4. KORSIMU sudah diuji coba pada enam ibu menyusui, hasil penelitian didapatkan bahwa empat dari enam ibu menyusui menyatakan ASI keluar lancar setelah menggunakan KORSIMU.

Pada tanggal 23 November 2022, KORSIMU yang merupakan kursi oksitosin karya dosen Unisa Yogyakarta ini telah mendapatkan hak paten sederhana dengan nomor paten IDS000005262 dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES