Pendidikan

USD Dampingi Tim Relawan Mengajar dari Chungbuk National University Korea

Selasa, 17 Januari 2023 - 14:41 | 31.01k
Universitas Sanata Dharma (USD) melepas Tim relawan mengajar KOIN di Ruang Seminar Auditorium Driyarkara kampus setempat. (FOTO: Humas USD for TIMES Indonesia)
Universitas Sanata Dharma (USD) melepas Tim relawan mengajar KOIN di Ruang Seminar Auditorium Driyarkara kampus setempat. (FOTO: Humas USD for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAUniversitas Sanata Dharma atau USD melepas tim Relawan Mengajar KOIN (Korea-Indonesia) dari Chungbuk National University (CBNU) di Ruang Seminar Auditorium Driyarkara kampus setempat beberapa waktu lalu. Tim tersebut akan dipusatkan mengajar di SMA Stella Duce 1 dan SMA Kolose De Britto Yogyakarta. 

Korps sukarelawan KOIN-CBNU merupakan kelompok program sukarelawan pendidikan internasional, yang selama 6 tahun berturut-turut terpilih sebagai universitas yang menjalankan layanan pendidikan jangka pendek di luar negeri. 

Advertisement

Tim KOIN CBNU sebanyak 14 mahasiswa, dan 2 pendamping yaitu Professor Jae Yeong Han, Dept of Chemistry Education CBNU dan Teacher Tranio Kim, Assistant Program dari CBNU). Tim ini terdiri dari berbagai macam bidang, seperti Earth Science Education, Chemistry Education, Biology Education, Nursing, dan English Education. 

Sementara dari USD, diwakili oleh Program Studi Pendidikan Kimia yang menerjunkan 14 mahasiswa dan 3 dosen Pendidikan Kimia yakni Lucia Wiwid Wijayanti, MSi, Fransisca Ditawati Nur Pamenang, SPd MSc dan Johnsen Harta, MPd. Mereka mendampingi para relawan dari KOIN-CBNU. 

Wakil Rektor IV USD, Caecilia Tutyandari, PhD menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh tim relawan mengajar. Ia berharap agar kegiatan ini, dapat berjalan lancar serta semakin memperkuat jalinan kerja sama nantinya. 

Program relawan mengajar ini, menurut Caecilia sangat mendukung dalam pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Siswa di SMA akan mempunyai kesempatan belajar dari para relawan yang tentu saja akan memperkaya pengalaman belajar para siswa,” kata Caecilia kepada TIMES Indonesia, Selasa (17/1/2023)

Professor Jae Young Han, perwakilan dari tim KOIN dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim dari USD, terutama pada para mahasiswa yang telah meluangkan waktunya meskipun sedang libur semester ini untuk membantu mendampingi tim sukarelawan dari CBNU. 

“Saya berharap agar tim KOIN dan tim USD dapat menjalin hubungan yang baik, serta dapat berbagi pengalaman budaya antara Indonesia dan Korea,” tuturnya

Kegiatan relawan mengajar yang didampingi Universitas Sanata Dharma tersebut dilaksanakan pada 18 hingga 26 Januari 2023 di SMA Stella Duce 1. Kemudian tanggal 30 Januari sampai 2 Februari 2023 dilanjutkan di SMA Kolose De Britto Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES