Pendidikan

UINSI Samarinda Gelar Kuliah Umum Strategi Ciptakan Media Branding Sekolah

Sabtu, 18 Maret 2023 - 20:02 | 48.95k
Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd hadir sebagai narasumber dalam kuliah umum di UINSI Samarinda, Jumat (17/3/2023). (Foto: Dok. UINSI)
Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd hadir sebagai narasumber dalam kuliah umum di UINSI Samarinda, Jumat (17/3/2023). (Foto: Dok. UINSI)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris atau UINSI Samarinda menggelar kuliah umum bertema "Strategi Menciptakan Media Branding Sekolah/Madrasah yang Bermutu".

Acara berlangsung di Gedung Pascasarjana UINSI Samarinda, Jalan KH. Abul Hasan Samarinda pada Jumat (17/3/2023) petang. 

Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd hadir sebagai narasumber dalam kuliah umum tersebut. 

Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Khojir, MSI saat memberikan sambutan berharap kegiatan kuliah umum ini dapat menambah wawasan dan berbagai informasi baru tentang keilmuan. Sehingga dapat menjadi nuansa baru bagi mahasiswa pascasarjana. 

Kedatangan narasumber luar kampus sendiri sebagai wujud kolaborasi untuk saling mendukung tumbuh dan maju bersama. 

"Era sekarang sudah saatnya memperkuat dengan berkolaborasi, tidak masing-masing dan jalan sendiri-sendiri," ungkap Dr Khojir. 

Ia juga mengimbau agar mahasiswa memanfaatkan secara maksimal kegiatan ini. Sedangkan kepada semua pihak khususnya narasumber, Dr Khojir juga menyampaikan rasa terima kasih. 

Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd, dalam paparan materi menyebut pentingnya data-data pengguna internet di Indonesia sebagai data awal agar mampu membaca pihak-pihak yang menjadi sasaran media publikasi.

Namun, selain data, juga tentang media apa saja yang paling populer digunakan oleh remaja usia kurang dari 18 tahun. 

“Media publikasi dan branding sekolah, saat ini berubah ke arah digital, sudah tidak bisa dihindari, maka diperlukan setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan dan dimiliki," katanya. 

"Tiga hal tersebut adalah, pertama, digital campaign team. Kedua, digital campaign strategy dan ketiga yaitu sosial media management," jelas Hamid.

Sementara jika memiliki masalah dalam kualitas dan kompetensi SDM, solusinya dengan menciptakan dan melakukan investasi SDM.

"Memang mahal tapi diperlukan untuk wujud langkah dan upaya strategi mengatasi kendala kekurangan SDM," tambahnya.

Dalam mengelola dan mempertahankan media publikasi, secara individu maupun media sekolah/madrasah, sangat diperlukan sebuah penguasaan dunia digital, gagasan yang inovatif, serta pentingnya konsistensi, agar media publikasi sekolah dapat menjadi kekuatan branding yang bermutu.

Dr. Mohammad Salehudin, M.Pd, selaku ketua Prodi MPI Pascasarjana, menyampaikan, bahwa kegiatan kuliah umum ini rutin dilaksanakan, sebagai penguatan dan upaya prodi dalam implementasi kegiatan akademik. 

"Sebenarnya tidak hanya berupa kegiatan kuliah umum, tetapi dalam bentuk kuliah pakar, kuliah praktisi, seminar, konferensi, lokakarya dan sebagainya, senantiasa dilaksanakan prodi MPI di dalam dan di luar kelas," ujarnya. 

Pada kegiatan kuliah umum, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana UINSI Samarinda ini, Dr. Hj. Fathul Janah, MSI (ketua Prodi PAI), Zakiah Ulfa, M.Pd (Sekprodi HK), A. Rifai Beta M.Ikom (sekprodi KPI), pengelola pascasarjana dan bersama dengan ketua prodi MPI Dr. Mohammad Salehudin, M.Pd dan sekretaris Prodi Misbahul Fuad, Adapun sebagai peserta kuliah umum dari Mahasiswa Prodi MPI semester II dan IV. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES