Pendidikan

Inspiratif, Siswa Gresik Lolos Seleksi di Tiga Kampus Dunia

Jumat, 31 Maret 2023 - 20:39 | 70.63k
M Fadel Thoriq Dharmawan saat membaca buku di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
M Fadel Thoriq Dharmawan saat membaca buku di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Kisah inspiratif datang dari siswa asal Kabupaten Gresik Jawa Timur, M Fadel Thoriq Dharmawan. Siswa Kelas XII SMAM 10 GKB ini berhasil mendapatkan tiket untuk berkuliah di luar negeri. 

Fadel berhasil lolos tiga kampus dunia mulai The University of British Columbia, University of Toronto Scarborough dan University of Toronto, ST George.

Selain lolos di kampus luar negeri, Fadel juga berhasil mendapat Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Kemendikbud RI bersama 300 siswa terbaik se-Indonesia.

Kepada TIMES Indonesia, Fadel mengaku, menjalani proses seleksi pemilihan kampus sejak Oktober 2022. Dia pun merasa bahagia dan bangga bisa lolos.

Selama enam bulan, Fadel mempersiapkan diri untuk mengikuti serangkaian tes secara daring. Terkahir, dia mengirimkan essay ke tiga kampus tersebut.

"Tentu sangat bahagia, dari tiga kampus itu saya memilih berkuliah di kampus University of Toronto, ST George. Itu atas pertimbangan saya, keluarga," katanya, Jumat (31/3/2023).

Fadel mengaku, mengenyam pendidikan di luar negeri memang menjadi cita-citanya sejak kecil. Dia berkeingan, menjadi seorang diplomat dan bekerja di kedutaan besar. 

"Waktu itu, saya ingin sekali jadi diplomat, pendidikan di luar negeri ini akan menambah pengalaman bagi saya," ungkapnya.

Anak kedua dari empat bersaudara ini berharap kepada siswa lain di Kota Pudak agar tidak minder. Meski bersekolah di daerah, namun prestasi harus terus diraih.

"Meskipun sekolah dari Gresik harus tetap tekun agar bisa meraih prestasi," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAM 10 GKB bidang Humas Rusdiah Arifaini menambahkan, jika Fadel memang siswa berprestasi. Di sekolah, dia sering mengikuti perlombaan.

"Dia sangat bagus dalam hal publik speaking dan debat, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris," imbuhnya.

Selain Fadel, salah satu siswa SMAMIO juga berhasil menembus kuliah di Rusia. Tepatnya lulus pada tahun lalu. Dia berharap lebih banyak lagi siswa yang mendapat kesempatan kuliah ke luar negeri.

"Kami sangat mendukung, langkah yang dilakukan Fadel ini bisa menginspirasi teman-teman lain utamanya yang sekolah di Smamio," tutup dia menanggapi siswa Gresik berhasil lolos di tiga kampus dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES