Pendidikan

Goethe-Institut Indonesia dan Departemen Sastra Jerman UM Bahas Perluasan Kerja Sama

Selasa, 27 Juni 2023 - 10:41 | 119.05k
Foto bersama perwakilan BKD Goethe Institut bersama Dekan Fakultas Sastra dan dosen departemen Sastra Jerman di ruang AVA gedung D14 (FOTO: Humas Departemen Sastra Jerman UM)
Foto bersama perwakilan BKD Goethe Institut bersama Dekan Fakultas Sastra dan dosen departemen Sastra Jerman di ruang AVA gedung D14 (FOTO: Humas Departemen Sastra Jerman UM)

TIMESINDONESIA, MALANG – BKD (Bildungskooperation Deutsch) bagian kerja sama pendidikan Goethe Institut dan Departemen Sastra Jeman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang menjajaki perluasan kerja sama.

Kerja sama antara GI (Goethe-Institut) dengan Departemen Sastra Jerman sudah terjalin sejak 2011, dan kali ini merupakan inisiatif dari Goethe Indonesia untuk berkunjung ke UM dan membahas perluasan kerja sama pada 20 Juni 2023 lalu.

Kerja sama yang sudah dilaksanakan berupa bantuan workshop, seminar, kursus Bahasa untuk dosen dan mahasiswa, buku pembelajaran, dan materi pembelajaran. Seperti yang diketahui bahwa Goethe-Institut merupakan Lembaga yang memberi dukungan untuk prodi Bahasa Jerman dan sekolah-sekolah di Indonesia yang memiliki pembelajaran Bahasa Jerman. 

Perwakilan BKD memuji bagaimana self-access center German Corner,  dan juga theatre yang biasa digunakan oleh mahasiswa untuk menonoton film bersama. Pada kunjungan ini pihak Departemen melakukan presentasi mengenai program, dan prestasi, serta internasionalisasi dari departemen. Pihak BKD yang datang saat kunjungan merupakan Wakil Direktur Kepala Bagian Bahasa Wilayah Asia, Ulrike Drißner, Konsultan Ahli Bidang Pengajaran Bahasa Jerman, Antje Nehls, Bagian Kerja sama Pendidikan, Hartono Pangi.

Tujuan dari BKD adalah untuk memajukan pengajaran bahasa Jerman di Indonesia melalui program pelatihan, melakukan promosi kegiatan, juga melalui program budaya. Hal tersebut dapat terlaksana berkat kerjasama yang dijalin dengan ikatan guru dan institusi pendidikan.

Ketua Departemen Bahasa Jerman Dewi Kartika mengatakan, departemen mendapatkan beberapa manfaat yang berguna, seperti kesempatan untuk ujian bahasa level b1, dan juga ada kursus bahasa untuk mahasiswa baik secara offline dan online.

Hal yang menarik dibahas merupakan internasionalisasi pada departemen dan insitut pendidikan.

Hal menarik dilontarkan oleh Konsultan Ahli Bidang Pengajaran Bahasa Jerman BKD Antje Nehls

“Internasionalisasi bertujuan untuk membantu para alumni dari sekolah kerja sama untuk melanjutkan studinya diluar tanpa masalah, dan memberi pelajar dari Indonesia kesempatan untuk bertemu dengan pelajar dari luar negeri untuk bertukar pikiran, bertukar ide, itu adalah tugas dari institusi pendidikan ini juga,“ ucapnya. 

Senada dengan Antje, Dewi Kartika mengatakan bahwa internasionalisasi adalah sebuah keharusan, artinya untuk membuka wawasan dan kesempatan dan kerjasama seluas-luasnya agar mendapat mitra dan kerjasama yang tidak hanya indonesia tapi juga negara yang berbahasa Jerman yang mana hal itu relevan dengan prodi. Departemen Sastra Jerman mengharpkan bahwa departemen dapat naik ke level internasional, dengan lulusan yang dinaungi di banyak tempat dan dalam segala bidang, tidak hanya lokal namun juga setaraf internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES