Pendidikan

Ini Rahasia Siswa SMAN 2 Lamongan Sukses Raih Cita-cita

Kamis, 19 Oktober 2023 - 12:52 | 35.11k
SMAN 2 Lamongan beralamatkan di Jalan Veteran No 1 Kelurahan Banjarmendalan Lamongan, Kamis (19/10/2023). (FOTO: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
SMAN 2 Lamongan beralamatkan di Jalan Veteran No 1 Kelurahan Banjarmendalan Lamongan, Kamis (19/10/2023). (FOTO: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Lamongan (SMAN 2 Lamongan) memiliki segudang prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswinya, baik itu tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional. 

Prestasi tersebut terbaca dan menjadi tolak ukur ketika anak didik SMAN 2 Lamongan lulus sekolah. Ternyata ini tak lepas dari pembinaan dan bimbingan yang diberikan pihak sekolah. 

Dan yang terpenting lagi kesuksesan siswa-siswinya dalam meraih cita-cita dan menggapai masa depan. Hal ini tak lepas dari Bimbingan Belajar (Bimbel) yang diberikan SMAN 2 Lamongan. 

"Kami memiliki 4 (empat) kelompok target yang harus dimiliki siswa ketika lulus dari SMAN 2 Lamongan. Sehingga anak didik kita bisa dengan mudah meraih cita-cita," kata Muki, Kepala SMAN 2 Lamongan, Kamis (19/10/2023). 

Muki mengungkapkan, empat kelompok tersebut berkaitan dengan pemberian bimbel kepada siswa-siswinya sehingga mudah dalam menentukan arah masa depannya. 

"Pertama, Bimbel Kedinasan Militer. Bimbel ini diberikan kepada siswa yang memiliki cita-cita masuk ke TNI, Polri maupun IPDN ketika lulus sekolah," ujarnya. 

Pada bimbel ini, Muki menjelaskan, SMAN 2 Lamongan bekerja sama dengan pihak luar sekolah. "Antara lain, Polres Lamongan, RS Bhayangkara Surabaya, Kodim 0812 Lamongan, RS Kodam Brawijaya dan Bimbel Psikologi TNI AL. Saat bimbel ini, siswa juga dibekali materi-materi soal saat test masuk TNI, Polri dan IPDN," tuturnya. 

Kedua Bimbel Kedinasan Sipil, Muki mengemukakan, diberikan kepada siswa-siswi SMAN 2 Lamongan bila berkeinginan masuk sekolah tinggi kedinasan, seperti STAN, STIS, Perhubungan dan seterusnya. 

Sedangkan untuk siswa yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia, Muki menuturkan, pihaknya juga telah memberikan bimbel tersendiri. "Nah, dibimbel yang ketiga ini, kita bekerja sama dengan bimbel di luar lembaga sekolah. Dan bimbelnya juga terukur dan kompeten mengantarkan anak didik kita ke PTN," ucapnya. 

Muki menyampaikan, untuk bimbingan yang keempat adalah Bimbel Kewirausahaan. Dalam bimbingan yang keempat ini, siswa-siswi SMAN 2 Lamongan tidak hanya diberikan teori sana tapi juga praktek. 

"Bimbel ini kita berikan kepada anak-anak yang tidak melanjutkan kuliah, tapi berkeingin bergelut di dunia wirausaha. Nah, bimbel yang keempat ini lebih banyak memberikan praktek dari pada teori," katanya. 

Pemberian empat bimbel yang diberikan kepada siswa SMAN 2 Lamongan, Muki mengemukakan, sangat terukur dan memuaskan. "Alhamdulillah, dari hasil bimbel tersebut, sebanyak 87 persen anak didik kita bisa masuk PTN melalui jalur test tulis. Sisanya ke kedinasan militer, sipil dan wirausaha," ucap Muki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES