Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Dosen Prodi PBI Unisla Jadi Dosen Tamu di Unikama 

Selasa, 31 Oktober 2023 - 13:43 | 28.63k
Dr Uzlifatul Masruroh Isnawati, Dosen Prodi PBI Unisla hadir sebagai dosen mata kuliah academic writing pada program kuliah tamu (visiting lecturers) yang diikuti oleh mahasiswa Unisla dan Unikama melalui platform zoom meeting, Senin, (30/10/2023). 
Dr Uzlifatul Masruroh Isnawati, Dosen Prodi PBI Unisla hadir sebagai dosen mata kuliah academic writing pada program kuliah tamu (visiting lecturers) yang diikuti oleh mahasiswa Unisla dan Unikama melalui platform zoom meeting, Senin, (30/10/2023). 

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus memperluas jejaring antar institusi, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Lamongan (Unisla) menjalin kolaborasi dengan institusi di luar Unisla. 

Kolaborasi kali ini berupa kuliah tamu (visiting lecturers) pada mata kuliah academic writing yang diampu oleh Dr Uzlifatul Masruroh Isnawati. 

Visiting lecturers yang dilakukan secara daring melalui platform zoom meeting dengan Uzlifatul sebagai narasumber sekaligus penanggung jawab mata kuliah academic writing dan diikuti oleh  21 mahasiswa dari Prodi Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) dan 25 mahasiswa semester 3 prodi Bahasa Inggris Unisla, Senin, (30/10/2023).

Uzlifatul menjelaskan, sesuai dengan timeline mata kuliah academic writing, terdapat 3 isu utama dalam keahlian menulis yang disampaikan.

“Pertama, menemukan dan menulis research gap dan research novelty. Dua hal tersebut merupakan inti dari penulisan artikel ilmiah," katanya ketika ditemui, Selasa (31/10/2023).

Kedua unsur tersebut, lanjut Uzlifatul,  sangat menentukan layak atau tidaknya sebuah tulisan ilmiah diterbitkan. “Kedua, penulisan metode penelitian. Sejumlah mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam penulisan metode penelitian," ujarnya.

Lebih lanjut, Uzlifatul menyampaikan metode penelitian berbasis naratif inkuiri sebagai salah satu alternatif metodologi penelitian yang cukup progresif dalam kajian ilmu bahasa.

“Alhamdulillah mahasiswa dari dua kampus ini mengikuti perkuliahan dengan penuh antusias," tuturnya.

Hal ini ditunjukkan dengan sikap tertib dan disiplin mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring sampai selesai dan mengisi form evaluasi secara daring di penghujung sesi.

“Di masa mendatang kegiatan kolaborasi  akademis semacam ini diharapkan dapat lebih sering lagi dilakukan dengan pihak di luar kampus sebagai usaha positif dan progresif  dalam meningkatkan kualitas program studi," ucap Uzlifatul. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES