Pendidikan

Rektor UIN Malang Bahas Pengembangan Kampus III Bersama Pemkot Batu 

Kamis, 09 November 2023 - 16:22 | 35.35k
Rapat koordinasi yang dilakukan Rektor UIN Malang bersama jajaran pejabat Kota Batu, Kamis (9/11/2023). (FOTO: Humas UIN Malang)
Rapat koordinasi yang dilakukan Rektor UIN Malang bersama jajaran pejabat Kota Batu, Kamis (9/11/2023). (FOTO: Humas UIN Malang)

TIMESINDONESIA, BATU – Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA mengundang sejumlah pejabat tinggi di Pemkot Batu pada Kamis (9/11/2023) di ruang Rektor UIN Malang.

Tujuanya yakni membahas tentang pengembangan Kampus III UIN Malang yang berada di Kota Batu. Selain itu juga untuk melakukan pengkajian lebih mendalam tentang tata kelola pertanahan serta prosedur penggunaan dan perizinannya yang berada di wilayah kota Batu.

Kegiatan rapat konsultasi atau koordinasi rencana pengadaan tanah kampus 3 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang itu di hadiri oleh beberapa pejabat dari Kejaksaan Negeri Kota Batu, Polres Batu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Batu, dan beberapa pihak lain.

Rektor UIN Malang, Prof. Zainuddin mengatakan tujuan utama diselenggarakan rapat koordinasi rencana pengadaaan tanah di kampus tiga ini agar kedepan UIN Malang dalam proses pengembangan infrastruktur di kampus tiga tidak ada masalah.

“Saya ingin semua dikoordinasikan dengan baik seperti ini hingga dikemudian hari tidak terjadi masalah dan sesuai prosedur perundang-undangan yang berlaku," ucapnya.

Sehingga, UIN Malang perlu mendapatkan pengarahan dari masing-masing dinas terkait, agar proses pengembangan kampus UIN di Kota Batu ini bisa berjalan lancar, aman dan  benar secara aturan perundang-undangan.

“Sehingga masukan dari pejabat yang kompeten sangat berarti sekali bagi UIN Maliki Malang,” tuturnya.

Rektor juga menjelaskan bahwa pengadaan tanah ini tidak lain untuk kepentingan umum dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa, negara, dan masyarakat dengan tetap menjamin kepentingan hukum pihak yang berhak dengan penggantian yang layak dan adil.

Ditempat yang sama, Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd memaparkan bahwa lokasi kawasan pengembangan Kampus III UIN Malang berada di wilayah perbatasan yang masuk dalam admnistrasi wilayah Desa Tlekung yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Data kebutuhan lahan mencakup area gedung perkuliahan Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik dan juga gedung Data Center. Saat ini lahan yang sudah di miliki oleh UIN Malang seluas 737,119 M2 (73 Ha), sementara target penambahan lahan yang akan dibeli dan terbeli dengan rentan tahun 2023-2024 seluas 45.277 M2 (4,5 Ha).

“Lokasi tanah yang hendak dibeli oleh UIN Malang berada di Jl. Locari, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo Kota Batu,” terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES