Pendidikan

Aplikasi BRIX Inovasi Baru Penggabungan Pembelajaran Bahasa Jerman Karya Mahasiswa UM

Selasa, 14 November 2023 - 15:35 | 36.69k
Profil Aplikasi BRIX. Platform BRIX menggabungkan elemen-elemen gamifikasi untuk pembelajaran bahasa Jerman.(Platfrom BRIX  for TIMES Indonesia)
Profil Aplikasi BRIX. Platform BRIX menggabungkan elemen-elemen gamifikasi untuk pembelajaran bahasa Jerman.(Platfrom BRIX for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Belajar Bahasa Jerman bisa lebih mudah dan menyenangkan dengan hadirnya platform aplikasi BRIX (Bring Resource Innovative Experience). Platform BRIX menggabungkan elemen-elemen gamifikasi untuk pembelajaran bahasa Jerman.

Aplikasi BRIX dikembangkan mulai Maret 2023 oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) untuk mengikuti lomba Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM).

BRIX merupakan inovasi dari mahasiswa Departemen Sastra Jerman UM, yakni Ibrahim Asmorodina (Founder BRIX), Erin Alida Damayanti (Asisten Founder BRIX), dan salah satu mahasiswa Fakultas Teknik UM Oktarian Karyanto Utomo (Programmer Aplikasi).

BRIX bukan sekadar aplikasi pembelajaran saja, tetapi sebuah penggabungan kreatif antara media pembelajaran dan elemen-elemen gamifikasi. Aplikasi ini mengadaptasi konsep dari permainan populer seperti Mario Bros, BRIX mengajak para pemainnya untuk merasakan sensasi belajar sambil bermain, menciptakan pengalaman yang seru dan interaktif.

Founder BRIX, Ibrahim Asmorodina, mengungkapkan bahwa pada intinya, BRIX dirancang untuk menciptakan suasana belajar bahasa Jerman yang menyenangkan dan menarik

Ibrahim memaparkan, BRIX dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Jerman tingkat A1 sesuai dengan Common European Framework of Reference for Languages (GER).

"Para pemain akan menghadapi misi-misi menarik yang memerlukan pemahaman dan jawaban dalam bahasa Jerman, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,” ungkap Ibrahim, Selasa (14/11/2023) kepada TIMES Indonesia.

Aplikasi ini awalnya ditujukan untuk siswa SMA sederajat yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai Bahasa Jerman, terutama dalam keterampilan menulis dan mendengar. BRIX diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi kekurangan media pembelajaran konvensional dan kurangnya interaktif yang ditemui di dalam lingkungan sekolah.

Ibrahim, juga menjelaskan fitur dari aplikasi ini yaitu bentuk gamifikasi bahasa Jerman adalah aplikasi video game.

“Efektivitas BRIX dalam meningkatkan kemampuan bahasa Jerman mencakup aspek pembelajaran, interaktivitas, tes kemampuan, dan penggunaan teknologi yang mendukung. Sebagai langkah awal ditetapkan pembelajaran harus jelas dan sesuai dengan kebutuhan pembelajar dalam memahami bahasa Jerman, yaitu fokus pada menyimak (hören) dan menulis (schreiben)," ucapnya.

Pengguna aplikasi dalam ujicoba adalah siswa-siswi SMAN 1 Bululawang Kabupaten Malang dengan pertimbangan temuan permasalahan pembelajaran dalam observasi di sekolah tersebut cukup banyak.

"Permasalahan dalam keterampilan berbahasa menyimak dan menulis menjadi permasalahan yang lebih kompleks di antara siswa,” ujarnya.

Salah satu bentuk gamifikasi bahasa Jerman adalah aplikasi video game. Video game yang dikembangkan untuk menjelajahi komponen gamifikasi dalam pembelajaran Bahasa Jerman adalah Learning-App BRIX (Bring Resource Innovative Experience).

Ibrahim menambahkan, penggunaan BRIX tidak hanya mencakup konsep pembelajaran sebagai unsur utama melainkan juga melibatkan permainan dan multimedia, sehingga lebih mendorong minat belajar siswa.

Permainan ini terdiri dari 3 babak yang berada pada 5 tingkatan kesulitan yang berbeda. Dengan menyuguhkan soal dengan tingkat yang berbeda pada setiap babak, permainan ini dapat menjadi salah satu permainan interaktif dan mengasah kemampuan bahasa Jerman.

"Harus diakui bahwa penerapan gamifikasi dalam dunia pendidikan tidak hanya mempengaruhi keterlibatan dan motivasi siswa dalam belajar, tetapi juga mengukur kemajuan kemampuan yang lebih terperinci," ucapnya.

Erin Alida Damayanti salah satu anggota BRIX, mengungkapkan saat ini Aplikasi BRIX telah menerima sambutan positif dari beberapa sekolah di sekitar wilayah Malang.

“Salah satu sekolah yang menjadi tempat observasi pengembangan Aplikasi BRIX yakni di SMAN 1 bululawang, pihak sekolah sangat merespon positif adanya inovasi ini dan diharapkan dapat menjadi alternatif yang efektif dalam membantu siswa mengatasi hambatan dalam pembelajaran Bahasa Jerman,” jelas Erin.

BRIX telah membuka peluang baru untuk inovasi pembelajaran di masa depan, menjembatani kesenjangan dalam pemahaman bahasa asing di kalangan siswa. Aplikasi BRIX saat ini masih dalam tahap pengembangan dan dalam waktu dekat Aplikasi BRIX akan segera launching di Play Store. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES