Pendidikan

Campus Education EXPO 2024 MAN 1 Kota Malang, Hadirkan 120 Jurusan Pilihan

Selasa, 13 Februari 2024 - 20:10 | 78.05k
Alumni dan siswa kelas XII berbagi informasi pada Campus Education EXPO 2024 MAN 1 Kota Malang (Foto: Dinda Amorita Thafifa Zahro/TIMES Indonesia)
Alumni dan siswa kelas XII berbagi informasi pada Campus Education EXPO 2024 MAN 1 Kota Malang (Foto: Dinda Amorita Thafifa Zahro/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGMAN 1 Kota Malang mengadakan acara Campus Education EXPO 2024 guna mempersiapkan murid kelas XII memasuki jenjang perguruan tinggi. Acara ini bertujuan memberikan informasi tentang kuliah, meliputi jurusan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat murid kelas XII.

Acara Campus Education EXPO 2024 MAN 1 Kota Malang terdiri dari dua sesi. Sesi pertama yang berlangsung dari jam 08.00 hingga 10.30, yaitu motivasi dari alumni-alumni yang sudah sukses di bidangnya.

Alumni-alumni tersebut kini sudah menjadi dosen, dokter, bekerja di kedinasan, dan pengusaha. Kehadiran alumni-alumni tersebut diharapkan memberikan motivasi dan membakar semangat peserta didik. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Campus Education EXPO 2024 MAN 1 Kota Malang juga mengundang alumni yang belajar di luar negeri secara virtual, seperti di Jepang, China, Mesir, dan Jerman.

Berlanjut di sesi kedua hingga pukul 12.00, yang berlokasi di lapangan indoor, dihadirkan alumni-alumni dari 120 jurusan berbeda. Alumni-alumni tersebut akan meberikan informasi kepada siswa kelas XII untuk menentukan jurusan kuliahnya. 

Sebelumnya, guru BK MAN 1 Kota Malang mendata jurusan yang diminati oleh kelas XII hingga terdapat 120 pilihan jurusan yang ada di Campus Education EXPO 2024 MAN 1 Kota Malang. Dari situlah, alumni-alumni tersebut diundang untuk berbagi informasi dan masukan terkait jurusan yang akan dipilih oleh para calon mahasiswa baru 2024.

“Acara ini tentunya memudahkan murid-murid kelas XII mendapatkan informasi yang selengkapnya, juga pengalaman dari alumni-alumni agar bisa memilih jurusan kuliah dan perguruan tinggi yang sesuai dengan harapan, bakat, minat, dan cita-citanya,” harap Rida Ruhamawati, guru BK MAN 1 Kota Malang, Rabu (13/02/24).

Kepala Sekolah MAN 1 Kota Malang, bapak Sutirjo juga menjelaskan bahwa esensi event ini adalah menstimulus, membangun, dan menguatkan anak-anak untuk lebih supporting edukasi diri dan belajar untuk mencapai cita-citanya yang lebih tinggi dari perspektif alumni dan perspektif perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan luar negeri.

Campus Education EXPO 2024 MAN 1 Kota Malang tidak semata-mata seremonial atau kegiatan yang rutin, acara ini dapat menjadi tujuan yang lebih besar dengan melayakkan diri anak-anak untuk belajar lebih giat, berdoa sungguh-sunnguh dan kerja keras.

Antusias alumni dan siswa kelas XII tidak perlu diragukan lagi. Alumni-alumni dengan ramah memberikan masukan terkait jurusan kuliah kepada siswa kelas XII. Tak mau kalah juga, siswa kelas XII  aktif mencari informasi terkait perkuliahan kepada alumni-alumni yang kini berkuliah di jurusan yang diminati siswa kelas XII.

Royyan Zain, alumni MAN 1 Kota Malang tahun 2023 yang kini berkuliah di jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Brawijaya mengungkapkan kesenangannya ketika menghadiri acara ini. Tidak semua alumni diundang di acara tersebut, hanya 20 orang di angkatan 2023 yang berkesempatan hadir di Campus Education EXPO MAN 1 Kota Malang 2024. Royyan merasa bangga bisa berbagi pengalaman tentang kehidupan perkuliahan pada acara ini.

“Acara ini sangat membantu, terlebih lagi yang dihadirkan di sini dari bermacam-macam jurusan, PTN, dan alumni yang bisa di spill informasi yang sekiranya dibutuhkan oleh kami siswa kelas XII yang ingin beranjak kuliah,” ucap Rofi Riskitama siswa kelas XII MIPA 3. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES