Pendidikan

Alumni Miliki Peran Penting Dalam Perkembangan Kampus di Perguruan Tinggi

Minggu, 21 April 2024 - 17:55 | 21.49k
H. Ivan Dicksan Ketua Yayasan STIA YPPT Tasikmalaya saat memberikan sambutan dihadapan ratusan alumni di acara Halal Bihalal Akbar, Sabtu (20/4/2024) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
H. Ivan Dicksan Ketua Yayasan STIA YPPT Tasikmalaya saat memberikan sambutan dihadapan ratusan alumni di acara Halal Bihalal Akbar, Sabtu (20/4/2024) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Alumni sebuah perguruan tinggi miliki peran yang berarti bagi pengembangan kampus pada sebuah perguruan tinggi. Peran ini akan membuka pintu untuk konektivitas dan relasi yang erat sekali antara alumni serta civitas akademika dalam peningkatan dan  pengembangan kampus di sebuah perguruan tinggi.

Hal ini di sampaikan H. Uus Jayusman alumni STIA angkatan Tahun 1993 di acara Halal Bihalal Akbar STIA 2024 di Grha Mulia Permana, Kampus STIA Tasikmalaya, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 200, Kawalu, Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

STIA-YPPT-Tasikmalaya-2.jpg

H. Uus Jayusman, alumni angkatan 1993 yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Ciamis mengungkapkan bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi momen nostalgia, tetapi juga harus menjadi peluang untuk berbagi informasi dan memperkuat hubungan antar-alumni. 

“Selain untuk mengenang masa muda di kampus, kegiatan ini dapat membuka relasi dan informasi, alumni memiliki peran untuk kemajuan STIA, dengan masukan yang diberikan para alumni, kampus bisa mengevaluasi apa saja yang harus disinergikan dan dibenahi, sehingga kedepan akan lebih baik terutama bagi kemajuan pendidikan di Perguruan Tinggi,” ujar H. Uus Jayusman, Minggu (21/4/2024).

Menurutnya, partisipasi alumni sangat penting untuk kemajuan institusi terutama dalam hal evaluasi dan perbaikan. Selain itu, Harniwan alumni angkatan 1993 yang diamanahi memjadi Ketua Pelaksana Halal Bihalal Akbar STIA Tasikmalaya juga menyoroti pentingnya peran alumni dalam pengembangan kampus.

STIA-YPPT-Tasikmalaya-3.jpg

Menurutnya, kampus harus memberikan perhatian lebih kepada alumni dengan menyediakan wadah yang memadai, bahkan dapat mempertimbangkan pembuatan aplikasi berbasis android untuk memfasilitasi komunikasi dan pertukaran informasi antar-alumni.

“Untuk itu kita juga harus meningkatkan peran serta wadah bagi para alumni, malah kalau bisa yang berbasis aplikasi android sehingga kita bisa saling memberikan informasi melalui sistem itu,” tambah Harniwan.

Harniwan menambahkan bahwa jaringan informasi antara kampus harus terus dijalin dan ditingkatkan. Lebih jauh lagi menurutnya alumni dan lembaga kampus harus membentuk wadah sebagai ruang agar dapat membangun sebuah rencana yang sistematis sehingga dapat diaplikasikan secara jelas dan berkesinambungan.

Sementara itu Ketua Yayasan STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Ivan Dicksan menjelaskan bahwa acara ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap Lebaran, namun kali ini dipadukan dengan aspirasi para alumni untuk mengumpulkan jumlah yang lebih banyak.

Meskipun persiapan hanya berlangsung selama satu minggu, gagasan ini disambut baik dan diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk semakin mempererat silaturahmi dan memperkuat STIA YPPT Priatim Tasikmalaya.

Dengan tema 'Menjalin Silaturahmi Jabat Erat Kebersamaan dari Kita Oleh Kita Untuk STIA', Ivan berharap bahwa momentum ini dapat menjadi titik awal untuk meningkatkan kualitas pendidikan di STIA Tasikmalaya. 

Menurutnya, saran dan masukan dari para alumni sangatlah berharga dalam membangun institusi ini agar dapat bersaing dengan kampus lainnya di Kota Tasikmalaya.

"Mudah-mudahan ini menjadi momentum awal untuk reuni berikutnya. Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik gagasan yang diusulkan oleh para alumni dan panitia. Setelah menjalankan ibadah puasa, kita harus menjaga keseimbangan antara hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manusia," tambahnya.

Ivan menekankan bahwa STIA sangat membutuhkan saran dan masukan dari para alumni untuk membangun institusi ini agar dapat bersaing dengan seluruh kampus lainnya di Kota Tasikmalaya.

"Harapan kami, STIA ini sangat memerlukan saran dan masukan dari para alumni. Mereka telah berkontribusi di berbagai bidang, sehingga mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan kompetensi yang diperlukan di lapangan. Kami juga mengharapkan saran-saran lain yang dapat membantu dalam membangun STIA," ungkapnya.

H. Uus, Harniwn dan Ivan menyebut melalui kegiatan seperti Halalbihalal akbar, terbukti bahwa hubungan yang erat antara alumni dengan civitas akademika STIA Tasikmalaya tidak hanya memberikan nilai tambah bagi lembaga dan alumni, tetapi juga mendukung pengembangan dan kemajuan institusi dalam rekruitmen mahasiswa, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan informasi tentang peluang bursa kerja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES