Pendidikan

Pj Bupati M Umar Ali: Unipas Anak Kandung Pemkab Morotai dan Masyarakat adalah Pemiliknya

Senin, 13 Mei 2024 - 20:46 | 11.90k
Pj Bupati Pemkab Morotai, M Umar Ali saat meresmikan Gedung Rektorat Unipas Morotai. Senin, 13 Mei 2024. (Foto: Munces For TIMES Indonesia).
Pj Bupati Pemkab Morotai, M Umar Ali saat meresmikan Gedung Rektorat Unipas Morotai. Senin, 13 Mei 2024. (Foto: Munces For TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, PULAU MOROTAI – Pj Bupati Pemkab Morotai, M Umar Ali meresmikan gedung Rektorat Universitas Pasifik (Unipas) Morotai. Peresmian ini begitu berkesan, karena Pj Bupati posisikan Unipas sebagai anak kandung dan masyarakat sebagai pemiliknya.

"Kami sampaikan bahwa Unipas adalah anak kandung dari Pemkab Morotai. Seluruh masyarakat Morotai adalah pemilik dan pewaris lembaga pendidikan yang sama-sama kita banggakan ini," ucap Pj Bupati Morotai, Muhammad Umar Ali saat mengawali sambutannya, Daruba (13/5/2024).

Ia mengatakan secara genealogis, kampus Unipas merupakan buah dari perjuangan para pemimpin di Morotai. Untuk itu, selaku pewaris, memiliki kewajiban untuk menjaga dan membesarkan Unipas secara bersama-sama.

"Alhamdulillah, hari ini, kita membuktikan bahwa amanah untuk terus menjaga cita-cita pemimpin-pemimpin terdahulu masih kita tunaikan. Pemda Morotai masih dalam komitmen yang sama, untuk mengerahkan kemampuan daerah dalam memajukan sumber daya manusia di Kabupaten Morotai," katanya.

Meskipun, dikatakan M Umar Ali, kewajiban daerah terbatas pada pendidikan dasar dan menengah pertama, namun  anggaran daerah dalam mandatori spending bidang pendidikan sebesar 21 persen dari total belanja daerah di tahun ini juga meng-cover pendidikan di Unipas dalam bentuk beasiswa untuk anak-anak Morotai.

"Kami bersyukur, tanggung jawab memajukan sumber daya manusia di Morotai telah kita pikul bersama-sama sehingga indeks pembangunan manusia di Morotai terus membaik," ungkapnya.

Untuk itu, lewat kesempatan yang baik ini, Pj Bupati Morotai, M Umar Ali berterima kasih kepada seluruh insan pendidikan baik formal maupun nonformal, Ketua Yayasan Perguruan Morotai, Prof Husen Alting, Rektor Unipas, Irfan Hi Abdurrahman, beserta jajaran yang selalu getol memajukan penyelenggaraan pendidikan Universitas Pasifik. 

Selain itu, orang nomor satu Pemkab Morotai ini sangat berharap dengan ketersediaan sarana/prasarana di Universitas Pasifik, Unipas, terus meningkatkan daya saing, sehingga kedepan Unipas akan menjadi pilihan utama dari setiap calon mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan tinggi di Maluku Utara. 

"Kami juga mengharapkan, lahirnya langkah-langkah kolaboratif yang mendorong perkembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang penelitian yang dapat menjadi penopang aktivitas Unipas," harapnya.

Menurut Sekda definitif ini, kampus Unipas adalah milik masyarakat Morotai, sehingga upaya bersama dalam membesarkan adalah upaya keabadian yang akan dicatat sebagai amal yang terus mengalir hingga akhir hayat.

Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh komponen terkait untuk selalu menjaga, merawat dan membesarkan Unipas Morotai. "Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama menjadi saksi atas niat baik kita bersama dalam memajukan pendidikan di Morotai. Lewat upaya kecil dalam menyediakan sarana/prasaran pendidikan di Universitas Pasifik Morotai," pungkas Pj Bupati Morotai M UmarAli. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES