Pendidikan

Dies Natalies, Unisma Gelar Festival Kuliner Khas Malang Hingga Lomba Business Plan

Rabu, 15 Mei 2024 - 13:11 | 13.74k
Pembukaan acara festival kuliner khas Malang yang digelar Unisma, Rabu (15/5/2024). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Pembukaan acara festival kuliner khas Malang yang digelar Unisma, Rabu (15/5/2024). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Berbagai Kegiatan yang digelar Universitas Islam Malang (Unisma) untuk memperingati Dies Nataliesnya yang ke 43 pada Rabu (15/5/2024) berlangsung meriah. Dalam acara tersebut, ada berbagai kegiatan menarik yang digelar oleh Kampus NU tersebut. Yakni Lomba Business Plan tingkat SMK/SMA/MAN se-Jawa Timur, Festival Kuliner Khas Malang, Lomba banjari se-Jawa Timur, Talk show financial planning haji muda, dan Lomba MTQ/Syahril Quran/Tahfidz/Kaligrafi.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat yang datang untuk membuka gelaran tersebut menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Unisma ini, utamanya dengan menggelar Festival Kuliner Khas Malang, sejalan dengan program yang digalakkan oleh Pemkot Malang.

"Kita punya fokus untuk menaikkan kelas UMKM, utamanya yang ada di Kota Malang.  Dan acara ini merupakan salah satu media untuk memperkenalkan dan mempromosikan UMKM yang ada di Malang," ucapnya.

Wahyu menyebut, pihaknya telah menginstruksikan kepada Dinas Koperasi Perindustrian dan Peradangan (Diskoperindag) Kota Malang untuk lebih intens mengawal para pelaku UMKM di Kota Pendidikan ini.

Dia meminta agar pejabat terkait bisa langsung turun untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada para UMKM, agar mereka bisa terus berkembang.

"Kita akan lihat kesulitan dari UMKM apa. Nanti kita list. Kalau terkait dengan ketrampilan akan kita berikan pembinaan. Kalau terkait pemasaran, nanti juga akan kita fasilitasi," ujarnya.

Di tempat yang sama, Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri  MSi mengatakan, festival kuliner ini merupakan wadah bagi UMKM untuk mengenalkan produk mereka ke kancah yang lebih luas. Karena dalam acara ini, ada ratusan siswa dan wali murid dari berbagai daerah di Jatim yang datang ke Unisma.

"Ini bagian dari memberikan inspirasi dan motivasi bagi pelaku UMKM. Karena disini ada beragam jenis UMKM. Sehingga mereka akan lebih termotivasi untuk mengembangkan produk mereka," ucapnya.

Selain itu, acara lain seperti lomba business plan ini merupakan sebuah wadah yang penting untuk mengembangkan sebuah usaha di bidang apapun. "Ini adalah wadah untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi-inovasi baru," kata dia.

Rektor menyebut, khusus untuk gelaran lomba, pemenang di setiap kategori yang ada akan diberikan kesempatan untuk berkuliah di Unisma dengan beasiswa khusus. Mereka bisa mendapatkan banyak keringanan ketika nanti melanjutkan pendidikan tinggi di Unisma.

"Ini adalah salah satu cara kami untuk bisa menjaring siswa berprestasi, agar mereka nanti bisa kuliah di Unisma," pungkas Rektor.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES