Pendidikan

IKA FT UB dan FT UB Kolaborasi Menggelar Salimar Batch 6, Kupas Soal Industri Jasa Konsultan

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:15 | 17.19k
Ketua IKA FT UB, Iwan Suprijanto saat memberikan sambutan dalam pembukaan Salimar Batch 6, Sabtu (18/5/2024). (Tangkapan layar)
Ketua IKA FT UB, Iwan Suprijanto saat memberikan sambutan dalam pembukaan Salimar Batch 6, Sabtu (18/5/2024). (Tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (IKA FT UB) berkolaborasi dengan FT UB menggelar Sesi Alumni Mengajar Batch 6 (Salimar Batch 6), Sabtu (18/5/2024) secara online melalui aplikasi Zoom. Tema yang diambil kali ini adalah terkait dengan Industri Jasa Konsultan.

Ada 3 narasumber kompeten yang dihadirkan dalam kegiatan Salimar Batch 6 ini. Pertama  yakni Direktur Utama  PT Ciriajasa E.C, Ir. H. Peter E Frans, yang membawakan materi mengenal lebih dalam dunia konsultan. Kedua ada Direktur Utama Tata Guna Patria Konsultan, Dr. Ir. John Paulus Pantouw MS, dengan materi berkarya menjadi konsultan teknik profesional, dan ketiga ada Ketua Umum Ikatan Tenaga Ahli Konsultan (Intakindo), Dr. Ir. Sigit Adjar Susilo MM MT, dengan materi Peran LPJK dalam peningkatan profesionalisme usaha jasa konstruksi Indonesia. Mereka bertiga adalah alumni UB.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa FT UB, Dr.Eng. Ir. Herry Santosa, S.T., M.T., IPM mengatakan, Kegiatan Salimar ini adalah kegiatan kuliah tamu yang tujuanya adalah untuk menampung alumni untuk bisa mengabdi dan sharing knowledge kepada mahasiswa dan alumni.

"Harapanya dengan sesi ini bisa memberikan  kolaborasi yang sangat apik terhadap kampus dan juga mahasiswa, yang bisa mendekatkan para mahasiswa kepada dunia praktis yang sesungguhnya," ucapnya.

Herry melanjutkan,  dengan kegiatan ini diharapkan, secara bertahap mahsiswa mengenal dan mengetahui pengetahuan praksis sebelum mereka lulus, utamanya dalam hal yang berhubungan dengan studi yang sedang mereka tempuh.

"Kampus berharap, kedepan alumni tidak hanya mengajar saja. Tapi bagi alumni yang memiliki layanan atau jasa terkait sertifikasi juga bisa melakukan  tindak lanjut dan kolaborasi dengan memberikan pelatihan kepada mahasiswa," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama Ketua IKA FT UB, Ir. Iwan Suprijanto, ST., MT., FIDSK menyampaikan bahwa para pemateri ini adalah para senior yang sudah melanglang buana dan telah berkiprah luar biasa di dunia kerja. Mereka juga telah banyak memberikan kontribusinya di Kementerian PUPR RI.

"Pada Salimar kali ini, saya berharap adik-adik mahasiswa semua bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk mengenal lebih jauh dan dalam mengenai industri jasa konsultan yang ada di Indonesia. Apa saja jasa layanannya, Kemudian dinamika lapangan yang dihadapi, dan lainya," ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Dirjen Perumahan Kementerian PUPR RI, menuturkan, dunia industri jasa konsultan memiliki peran yang sangat besar dalam berbagai hal. Selain itu bidang ini juga memiliki peluang yang luas dan strategis.

"Selain bertindak sebagai pelaksana, konsultan juga berperan sebagai perencana, pengawas, dan lainya, ini merupakan peran yang luar biasa dan strategis. Harapanya mahasiswa bisa melihat peluang karir di industri ini," pungkas Iwan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES