Pendidikan UIN Malang

Hadirkan Pakar, UIN Malang Beberkan Putusan MK Tentang Hak Politik Dalam Pemilu

Rabu, 22 Mei 2024 - 15:00 | 16.59k
Pimpinan UIN Malang bersama dengan Prof Andi Asrun dan beberapa pihak lain dalam kuliah tamu yang digelar UIN Malang, Selasa (22/5/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Pimpinan UIN Malang bersama dengan Prof Andi Asrun dan beberapa pihak lain dalam kuliah tamu yang digelar UIN Malang, Selasa (22/5/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ada banyak topik menarik dan aktual yang dibahas dalam kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Prodi Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Selasa (22/5/2024). Kegitan yang digelar di Gedung Rektorat lantai 5 itu menghadirkan Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Konstitusi Universitas Pakuan Bogor, Prof Dr Andi Muhammad Asrun, SH, MH, sebagai pembicara.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan bedah buku karya Prof Andi Asrun yang berjudul 'Putusan Mahkamah Konstitusi Tentang Hak Politik Dalam Pemilu'.

Rektor UIN Malang, Prof Dr H Zainuddin, MA, menjelaskan, kuliah tamu ini menjadi fasilitasi untuk mahasiswa UIN Malang agar mereka bisa meningkatkan kompetensi sesuai bidang masing-masing. Dengan menghadirkan expert di bidang hukum, khususnya hukum konstitusi, pihaknya ingin para mahasiswa menerima insight dari para praktisi.

“Wacana aktual tentang MK ini saya rasa perlu dipahami dan didiskusikan oleh kalangan mahasiswa. Mahasiswa perlu tahu tentang politik, tapi bukan politik praktis,” ujar Prof Zain. 

Pembelajaran pendidikan politik ini menurutnya akan banyak membawa manfaat bagi mahasiswa dan dosen hukum. Baik untuk memperluas pengetahuan maupun untuk pegembangan penelitian.

“Mahasiswa sekarang perlu dibentuk tradisi intelektualisme sehingga tidak menjadi mahasiswa di menara gading tapi bisa kritis dalam menyuarakan aspirasi,” tutur Rektor.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Syariah UIN Malang, Prof Dr Sudirman, MA, menjelaskan bahwa kuliah tamu ini untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa prodi HTN.

Ia menyebut, kegiatan ini menjadi bagian untuk menghantar lulusan menjadi seorang politisi, advokat, ataupun hakim profesional di masa mendatang.

“Topik hari ini tentang putusan MK dalam hak politik dalam pemilu, sebuah institusi yang lekat dengan hukum tata negara. Apalagi MK belakangan ini jadi topik hangat, baik soal capres dan cawapres maupun isu UU MK yang dalam proses revisi,” ungkap Sudirman.

Pihaknya berharap, dari kegiatan ini, para mahasiswa bisa memperoleh banyak ilmu pengetahuan baru yang tidak didapatkan mereka ketika belajar di kelas.

"Karena yang kita hadirkan ini seorang pakar yang juga advokat dan praktisi, tentu ada banyak hal baru yang bisa ditangkap oleh mahsiswa," pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Guru Besar Bidang Ilmu Hukum UIN Malang, Prof Dr H Saifullah, SH, MHum, juga berkesempatan untuk membedah buku 'Putusan Mahkamah Konstitusi Tentang Hak Politik Dalam Pemilu' karya Prof Andi Asrun. Prof Saifullah banyak membahas soal konten dan metode penelitian serta penulisan yang digunakan untuk membuat buku tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES