Pendidikan

Fakultas Psikologi UP45 Yogyakarta Bahas Strategi Hadapi Bullying di Lingkungan Dewasa

Sabtu, 25 Mei 2024 - 18:33 | 17.24k
Webiner Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 (UP45) Yogyakarta dan P3AP2 Provinsi DIY. (FOTO: Fak. Psikologi UP45 Yogyakarta fot TIMES Indonesia)
Webiner Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 (UP45) Yogyakarta dan P3AP2 Provinsi DIY. (FOTO: Fak. Psikologi UP45 Yogyakarta fot TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 (UP45) Yogyakarta sukses melaksanakan Webinar Peningkatan Kualitas Keluarga Series#2 dengan tema Strategi Efektif Menghadapi Bullying di Lingkungan Dewasa. 

Webiner yang diselenggarakan berapa waktu lalu tersebut bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (P3AP2) Provinsi DIY.

Acara ini diikuti lebih dari 400 peserta dari berbagai dinas, instansi, lembaga pendidikan, dan organisasi di lingkungan Pemerintah DIY. Kegiatan itu merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran dan penanganan bullying di lingkungan dewasa.

Webinar menghadirkan dua narasumber utama yakni Septi Ambarwati Founder Komunitas Peduli Bullying dan Inisiator Bullying Corner, dan Ayu Gigih Rizqia, Psikolog dan Dosen Fakultas Psikologi UP45.

Kedua narasumber membahas mengenai berbagai aspek bullying di lingkungan dewasa. Sedangkan Izzah A. Rahmah, Psikolog, Dosen Psikologi UP45, sebagai moderator

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak, Zuli Murpuji Astuti dalam sambutannya yang mewakili Kepala Dinas P3AP2 Provinsi DIY menekankan pentingnya kerja sama antar lembaga untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari bullying dan mendukung kesejahteraan psikologis. 

"Harapan kami, webinar seperti ini bisa menjadi bahan belajar dan evaluasi dalam mewujudkan kualitas keluarga yang memiliki ketahanan yang tangguh. Lebih lanjut kolaborasi antarlembaga menjadi penting," kata Zuli, Sabtu (25/5/2024)

Pada kesempatan itu, Septi Ambarwati membahas materi tentang ‘Strategi Menghadapi Bullying di Lingkungan Dewasa’. Ia menyoroti bahwa bullying tidak hanya terjadi di sekolah tetapi juga di lingkungan kerja dan organisasi. 

Selanjutnya Septi menjelaskan beberapa istilah penting dalam bullying seperti hostile (perilaku bermusuhan), mobbing (komunikasi tidak etis berulang), dan hazing (intimidasi oleh kelompok senior). 

Tidak hanya itu, Septi juga menekankan dampak psikologis dan perilaku yang ditimbulkan oleh bullying serta strategi mengatasi bullying, antara lain menciptakan iklim kerja kondusif, membentuk budaya kerja positif, dan menerapkan regulasi yang efektif.

Sementara, Ayu Gigih Rizqia, melanjutkan dengan materi ‘Membangun Budaya Organisasi yang Supportif’. Ayu mengidentifikasi penyebab bullying di tempat kerja, seperti professional jealousy, rasa insecure, dan budaya organisasi yang buruk. 

Ayu menekankan pentingnya budaya organisasi yang positif untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan psikologis anggota tim. Juga menjelaskan langkah-langkah membangun budaya positif, termasuk membangun nilai-nilai positif, kepercayaan antar-anggota, empati, komunikasi asertif, dan evaluasi berkelanjutan.

Webiner pun diwarnai berbagai pertanyaan dan diskusi interaktif mengenai kasus-kasus bullying di lingkungan dewasa. Hal ini menunjukkan antusiasme peserta pada topik yang diangkat. 

Sebab tema webiner ini dianggap relevan, karena selama ini bullying lebih sering dibahas dalam konteks anak dan remaja. Sementara di lingkungan dewasa seperti keluarga, tempat kerja, dan masyarakat juga banyak terjadi.

Melalui webinar ini, Dinas P3AP2 Provinsi DIY dan Fakultas Psikologi UP45 berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengidentifikasi, mencegah, dan melaporkan kasus bullying. 

Nah, webinar kolaborasi Dinas P3AP2 Provinsi DIY dan Fakultas Psikologi UP45 Yogyakarta bertujuan untuk memberdayakan korban dengan memberikan dukungan yang mereka butuhkan. Dengan edukasi dan kolaborasi berkelanjutan, diharapkan tercipta lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi semua individu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES