Pendidikan

Hadirkan Syaikh dari Suriah, Ponpes Manbaul Ulum Malang Gelar Kuliah Tamu

Jumat, 31 Mei 2024 - 14:04 | 17.69k
Para santri dan pengasuh Ponpes bersama dengan Syaikh Dr. Maher Al Monajjed. (Foto: Manbaul Ulum Malang for TIMES Indonesia)
Para santri dan pengasuh Ponpes bersama dengan Syaikh Dr. Maher Al Monajjed. (Foto: Manbaul Ulum Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pondok Pesantren (Ponpes) Manbaul Ulum Malang, menyelenggarakan Kuliah Tamu Internasional dengan tema "Respon Al-Qur'an Terhadap Gaya Hidup Generasi Masa Kini", Jumat (31/5/2024). Acara ini menghadirkan narasumber ternama dari Suriah, yaitu Syaikh Dr. Maher Al Monajjed, seorang pakar Fikih dan Ushul Fikih dari Universitas Ahmad Kaftaro Damaskus Suriah, pakar Qiro'ah al Asyaroh Al Mutawatiroh, dan Mudir Ma'had Trenggulun Maulana Maghribi Internasional Karanganyar Jawa Tengah.

Kuliah tamu dimulai ba'da shubuh bertempat di joglo welas asih pondok pesantren Manbaul Ulum. Pengasuh Ponpes Manbaul Ulum Malang KH. Noorshodiq Askandar hadir dalam acara ini. Selain itu, para para santri serta masyakat umum juga ikut meramaikan kuliah tamu ini.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan disambung dengan sambutan perwakilan pondok pesantren yaitu Gus Nazaruddin beliau menyampaikan dalam sambutannya, bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang respon Al-Qur'an terhadap gaya hidup generasi masa kini.

Kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi Syaikh Dr. Maher Al Monajjed dan diterjemahkan oleh Gus Thoriq Al anshori. Dia menyampaikan bahwa Al-Qur'an sebagai pedoman hidup bagi umat Islam memiliki jawaban atas berbagai persoalan yang dihadapi oleh generasi masa kini.

Dia menjelaskan bahwa Al-Qur'an memberikan panduan tentang bagaimana seharusnya umat Islam berperilaku dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam menghadapi pengaruh budaya modern.

Syaikh Dr. Maher Al Monajjed juga memberikan tips dan saran praktis untuk menerapkan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Dia menekankan pentingnya mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an, melaksanakan sholat, dan berzikir. Dia juga mengajak para hadirin untuk selalu menjaga akhlak mulia dan menghindari perbuatan-perbuatan yang tercela.

Harapannya, kuliah tamu ini dapat memberikan manfaat bagi para hadirin  dalam memahami respon Al-Qur'an terhadap gaya hidup generasi masa kini dan dapat menerapkan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES