Pendidikan

Gedung Tahan Gempa Karya Mahasiswa Polinema Juara Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia

Jumat, 31 Mei 2024 - 18:41 | 17.51k
Maket gedung tahan gempa karya mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang yang meraij juara dua Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia, Rabu (22/05/2024) (FOTO: M. Ade Nur Alfian/TIMES Indonesia)
Maket gedung tahan gempa karya mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang yang meraij juara dua Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia, Rabu (22/05/2024) (FOTO: M. Ade Nur Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGExpo Polinema 2024 yang digelar Rabu (22/5/2024) menghadirkan karya arsitektur dari mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang berhasil menyabet juara. Hasil karya ini meraih juara 2 dalam Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) di Universitas Tarumanagara pada tahun 2022 lalu. 

Karya ini menyabet juara karena dirancang tahan gempa dengan mengusung bangunan eco-friendly dalam desainnya. Penggunaan material ramah lingkungan seperti Wood Plastic Composite (WPC) bisa mengurangi beban gedung, serta juga memberikan pandangan baru tentang dunia industri konstruksi.

Ahmad Fakhi Zukhruf Aulana, panitia stan Teknik Sipil menjelaskan, mereka harus bersaing dengan 16 desain karya mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Kami telah mempersiapkan bahan-bahan, mempersiapkan desainnya seperti bentuk desain struktur serta gaya, dan langsung diimplementasikan di lokasidengan waktu hanya 2 jam,” tuturnya. 

Salah satu tes dengan meletakkan maket bangunan di meja khusus yang bisa diatur seberapa kencang frekuensi getarannya hingga 10 menit.

Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang berharap, rancangan bangunan yang mereka buat bisa dikembangkan lebih mendalam.

“Harapan kami adalah semoga terdapat mahasiswa-mahasiswa baru untuk bisa melanjutkan ide-ide ini menjadi karya yang bisa membawa nama baik kampus dan juga bisa bermanfaat untuk dunia industri konstruksi,” ujarnya.

Expo yang digelar di Gedung Graha Polinema tidak hanya memamerkan karya mahasiswa Polinema. Acara ini juga diikuti beberapa perguruan tinggi vokasi terbaik seperti Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Angkatan Darat, Vokasi Universitas Brawijaya dan lain-lain.

"Jumlah booth di sini mencapai 45 dengan 16 hasil penelitian dari mahasiswa kami yang dipamerkan di jurusan masing-masing, sisanya berasal dari kampus lain," ucap Sapto Wibowo, Ketua Panitia Expo.

Sapto mengatakan, Expo Polinema 2024 menjadi pintu lebar bagi generasi muda untuk mengembangkan hasil-hasil riset mereka. Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui karya-karya ilmiah mahasiswa vokasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES