Pendidikan

Update Kurikulum Perguruan Tinggi, Begini Kata Pakar Pendidikan

Jumat, 07 Juni 2024 - 09:47 | 12.19k
Workshop peningkatan kurikulum Perguruan tinggi yang diisi pakar pendidikan Dr. Zainal Arifin, M.Pd, seorang Dosen di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Workshop peningkatan kurikulum Perguruan tinggi yang diisi pakar pendidikan Dr. Zainal Arifin, M.Pd, seorang Dosen di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Di tengah perkembangan teknologi, perguruan harus terus berbenah diri dalam pengembangan kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Seperti yang dilakukan IAI At-Taqwa Bondowoso, Jawa Timur. 

Kampus santri ini siap untuk mengembangkan kurikulum baru yang inovatif. Pengembangan kurikulum ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan relevan bagi mahasiswa, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di era modern. 

Kurikulum baru ini dirancang dengan memperhatikan perkembangan terkini dalam pendidikan, tuntutan pasar kerja, serta kebutuhan masyarakat.

IAI At-Taqwa Bondowoso juga melibatkan pakar pendidikan Dr. Zainal Arifin, M.Pd, seorang Dosen di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dikemas dalam kegiatan Workshop, Selasa (4/6/2024) kemarin. 

Menurut Dr. Zainal Arifin, mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat sangat penting. 

Ia menekankan perlunya integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, serta pendekatan yang berpusat pada mahasiswa untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif.

"Kurikulum yang baik harus mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan zaman, serta mampu beradaptasi dengan perubahan yang terus berlangsung di lingkungan kerja," ujar dia.

Sementara Rektor IAI At-Taqwa Bondowoso Dr. Suheri berterima kasih kepada Dr. Zainal Arifin yang telah berbagi pengetahuan dan pengalaman berharga dalam pengembangan kurikulum. 

“Semoga dengan masukan beliau, kami dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran di institusi kami," harap dia.

Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di institusi IAI At-Taqwa Bondowoso. 

“Pengembangan kurikulum ini merupakan salah satu langkah penting dalam upaya kami untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja,” tegas dia. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES